Petualangan Seru ke Goa Langir Sawarna di Kabupaten Lebak Banten

Goa Langir Banten
Goa Langir Sawarna di Kabupaten Lebak, Banten. (Source: Dispar Kab. Lebak)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang senang wisata susur gua, bisa coba berkunjung ke Goa Langir Sawarna, Banten. Berpetualang ke gua ini cukup seru karena tempatnya sangat indah dan eksotis.

Wisata gua ini terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Termasuk objek wisata yang ramai pengunjung pada hari biasa maupun momen liburan. Sobat Turisian bisa merasakan sensasi yang berbeda saat berkunjung ke sini.

Goa Langir Sawarna memiliki pesona keindahan alam yang sangat eksotis dan menarik untuk Sobat Turisian kunjungi. Sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan, apalagi saat masa liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya.

Tak hanya keindahan gua, kawasan ini pun merupakan destinasi wisata Pantai Sawarna yang sudah terkenal di Banten. Sehingga kalian datang ke sini bisa mendapatkan dua pesona alam sekaligus. Pantai ini pun masih sangat alami dengan suasana yang cukup tenang. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Sawarna.

Baca juga: Lepas Kepenatan dengan Bersantai Ria di Bukit Curahem Shorea Forest Lebak

Destinasi wisata Goa Langir Sawarna di Bayah ini merupakan tempat wisata yang harus Sobat Turisian kunjungi. Tambah lagi masyarakat lokal daerah Lebak juga sangat ramah terhadap wisatawan yang datang.

Pesona Goa Langir Sawarna Lebak

Begitu Sobat Turisian memasuki gua ini, akan melihat tebing-tebing karang yang sering dipakai untuk panjat tebing. Bebatuannya termasuk dalam jenis batu gamping yang menjulang tinggi di depan mata.

Tampak warna hitam dan jingga kecoklatan terpulas di dinding Goa Langir dengan motif marmer. Pada salah satu sisi tertancap deretan hanger untuk kegiatan panjat tebing.

Di dalam gua ini terdapat aliran kanal-kanal bawah tanah dari banyak sumber mata air. Sobat Turisian bisa menemukan satwa ikan, udang, walet, hingga kelelawar mendiami ceruk-ceruknya.

Selain itu, kisah-kisah legenda pun melingkupi Goa Langir Banten ini. Ada dongeng dan takhayul terkadang menyelamatkan wilayah ini dari penjamahan manusia. Dampaknya kelestarian gua ini tetap terjaga hingga kini.

Terlihat pula air menetes-netes dari dinding tebing, serta formasi bebatuan yang tampak simetris namun bertumpuk tak beraturan. Semuanya tampak besar dan basah, membuktikan gelombang pasang tiap malam mencapai lokasi ini.

Baca juga: Wisata Kebun Teh Cikuya Lebak, Keindahan Alam yang Menenangkan Jiwa

Mulut Goa Langir memiliki lebar sekitar 3 meter dan tinggi mencapai 10 meter. Namun lubangnya tak dalam karena sepertinya tertimbun reruntuhan bebatuan. Sehingga kala masuk gua ini, Sobat Turisian serasa masuk ke rumah batu raksasa tanpa pintu.

Fasilitas Wisata Goa Langir Banten

Sebagai objek wisata unggulan, tempat ini mempunyai fasilitas penunjang yang sudah memadai. Di antaranya area parkir kendaraan, musala, toilet, tempat istirahat, penginapan,  dan masih banyak sarana lainnya.*

Pos terkait