Wisata Kebun Teh Cikuya Lebak, Keindahan Alam yang Menenangkan Jiwa

Kabun Teh Cikuya Lebak
Hamparan permadani hijau Kabun Teh Cikuya Lebak, Banten. (dok. Dispar Lebak)

TURISIAN.com – Wisata Kebun Teh Cikuya di Cibeber merupakan objek wisata hits di Lebak. Lokasinya berada di Kampung Cikuya, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten.

Tempat wisata alam di Lebak ini kini sedang ramai dikunjungi wisatawan. Baik di hari biasa apalagi di akhir pekan dan hari libur besar. Hingga membawa objek wisata alam Banten ini masuk dalam unggulan pariwisata Lebak.

Dengan ketinggian antara 700 hingga 1.000 meter di atas permukaan laut. Membuat lahan seluas 350 hektar ini sering tertutup kabut pagi dan sore. Tentu saja udaranya pun sejuk dan menyegarkan, bikin nyaman dan betah berlama-lama di sana.

Pesona alamnya berupa hamparan hijau, memang sangat indah dan menenangkan jiwa. Sangat sayang jika berada di kota Lebak tidak mengunjungi Wisata Kebun Teh Cikuya ini.

Daya Tarik Wisata Kebun Teh Cikuya

Di tempat wisata Lebak ini pun, Sobat Turisian bisa jalan-jalan seru mengelilingi kebun teh. Tak lupa untuk berfoto di spot-spot instagrammable yang tersedia di sana. Cicipi pula hasil teh yang diproduksi langsung di tempat ini.

Lanjutkan dengan nongkrong santai di café sambil menikmati aneka menu kuliner yang sedap dan minuman the yang tersedia. Seperti teh hijau, teh merah, teh oolong dan teh opa. Jangan lupa saat pulang bawa produk teh sebagai oleh-oleh.

Baca juga: Bukit Waruwangi Serang, Wisata Kekinian Banten yang Sejuk Bikin Betah

Objek wisata Kebun Teh Cikuya ini sangat cocok masuk daftar tujuan liburan Sobat Turisian menjelang bulan Ramadan kali ini atau libur Lebaran nanti. Ajak keluarga atau teman untuk menghabiskan waktu dan memanjakan mata dengan pemandangan alam yang memukau di sini.

Sebagai informasi, destinasi wisata Kebun The Cikuya bernama resmi Harendong Tea Estate. Berdiri pada tahun 2006, perkebunan teh organik di Lebak ini  sudah bersertifikat. Letaknya di daerah pegunungan di sebelah Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Lebak, Banten.

Fasilitas & Tiket Wisata Kebun Teh Cikuya

Tempat Wisata Kebun Teh Cikuya di Cibeber, Lebak ini sudah memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik. Antara lain area parkir kendaraan, rumah makan, café, kamar mandi/toilet, tempat istirahat, dan masih banyak lagi.

Tiket masuk objek wisata perkebunan teh ini pun masih ramah di kantong. Hanya sekitar 20.000 ribu rupiah.  per orang.

Rute Menuju Kebun Teh Cikuya Cibeber

Bagi Sobat Turisian yang ingin menuju destinasi Wisata Kebun Teh Cikuya, perjalanan bisa mulai dari arah Kota Serang dan Rangkasbitung. Lalu arahkan menuju Malingping – Bayah – Cikotok dan lanjut ke Desa Hegarmanah.

Perjalanan ke sana dapat ditempuh selama sekira 4 jam dengan kendaraan motor maupun mobil pribadi. Kondisi jalannya pun sudah semakin bagus.

Baca juga: Enam Kebun Raya di Indonesia, Pilihan Tepat Wisata Keluarga

Sedangkan bagi Sobat Turisian yang tak membawa kendaraan pribadi, bisa menggunakan moda angkutan umum Bus Damri. Namun baru hanya ada satu kali perjalanan dalam sehari. Naiknya dari Terminal Mandala, Rangkasbitung – Malingping- Bayah – Cikotok, dan  Pasir Kuray.

Dari situ sekitar 2 km tiba di Kebun teh Cikuya sebelum Pasir Kuray, dengan waktu tempuh kurang lebih 5-6 jam. Tarif Bus Damri tersebut senilai Rp.60.000.*

 

Pos terkait