Gua Tabuhan Pacitan yang Unik Mengeluarkan Bunyi Gamelan

Gua Tabuhan
Gua Tabuhan Pacitan, Jatim. (Source: Disparpora Pacitan)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang suka wisata susur gua, wajib berangkat ke Pacitan. Pasalnya kabupaten di Jawa Timur ini menyimpan banyak objek gua dengan keunikannya masing-masing. Salah satunya ada Gua Tabuhan.

Gua tersebut terletak sekitar 30 km dari pusat kota Pacitan. Posisinya tidak terlalu jauh dari Gua Gong dan hanya memiliki 2 ruangan besar. Tempat wisata gua ini mulai ramai pengunjung sejak 1998. Dulunya bernama Gua Tapan karena menjadi tempat orang-orang bertapa.

Namun seiring berjalannya waktu, menjadi lebih terkenal dengan nama Gua Tabuhan. Sebab warga setempat memakainya untuk kegiatan kesenian. Mereka memukul stalagtit di dalam gua hingga mengeluarkan suara seperti tabuhan gamelan. Berkaitan dengan seni musik spesifiknya karawitan.

Suara dari pukulan pada stalagtit dan stalagmit gua ini mirip bunyi gending pada gamelan. Bunyi gamelan tersebut akan lebih merdu jika yang melakukan pukulan pada bebatuan itu sudah terampil.

Objek wisata Gua Tabuhan banyak pengunjungnya yang menyukai wisata geologi. Bukan hanya  karena batu-batu slatagtit dan stalagmit yang terbentuk jutaan tahun yang lalu. Tapi gua ini memiliki nuansa spiritual yang cukup kental, berkaitan dengan Pangeran Diponegoro.

Baca juga: 4 Objek Gua di Perbukitan Sewu Pacitan, Menarik Buat Wisata Susur Gua

Pada zaman dahulu, gua di Pacitan ini menjadi tempat untuk bertapa atau meditasi. Masyarakat setempat juga percaya bahwa gua ini merupakan salah satu tempat petilasan Pangeran Diponegoro. itu berarti pertanda gua ini pernah ia singgahi.

Letak Gua Tabuhan berada di Bukit Kapur Tapan dengan pembentukan stalagtit dan stalagmit yang sudah berlangsung ratusan tahun lalu. Berkat adanya reaksi kimia antara hujan dan mineral kapur.

Dengan panjang rata-rata stalagtit dan stalagmitnya hingga 7 meter dan diameter satu meter. Saat masuk ke dalamnya, Sobat Turisian bakal melihat seperti pilar-pilar raksasa yang sangat menakjubkan.

Lokasi dan Akses Menuju Gua Tabuhan

Destinasi wisata alam yang satu ini berlokasi di Dukuh Tabuhan, Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Sobat Turisian dapat mejangkaunya dari pusat kota atau Alun-Alun Kabupaten Pacitan, dengan jarak sekitar 22,2 km. Memakan waktu tempuh kurang lebih 36 menit berkendara.

Baca juga: Pantai Watu Karung Pacitan yang Menawan dan Spot Terbaik Selancar

Akses menuju Gua Tabuhan Pacitan cukup mudah untuk Sobat Turisian lalui meski baru pertama kali datang ke sini. Jalan utamanya sudah sangat layak dan mampu kalian lewati menggunakan semua jenis kendaraan. Baik kendaraan roda dua maupun mobil. Untuk harga tiket masuk ke sini juga sangat terjangkau, hanya sekitar Rp10.000 per orang.*

Pos terkait