Pantai Watu Karung Pacitan yang Menawan dan Spot Terbaik Selancar

Pantai Watu Karung Pacitan
Pantai Watu Karung Pacitan, Jatim. (iStock)

TURISIAN.com – Berkunjung ke Kabupaten Pacitan di Jawa Timur, Sobat Turisian patut mampir ke Pantai Watu Karung. Di sini kalian bisa memanjakan mata dan menenangkan pikiran dengan pemadandangan yang memesona.

Pantai ini merupakan salah satu objek wisata favorit di Kabupaten Pacitan. Ombaknya cukup besar dan masuk kelas dunia sebagai spot selancar (surfing). Hal tersebut karena pantai ini menghadap langsung ke Samudra Hindia. Cocok sekali buat para peselancar profesional.

Ombak besar itulah yang menjadi salah satu daya tarik utama Pantai Watu Karung, terutama bagi wisatawan asing yang hobi berselancar. Ketinggiannya ombaknya bisa mencapai hingga 4 meter.

Kerennya lagi, ombak di sini bisa membentuk barrel. Barrel merupakan suatu kondisi di mana ombak membentuk terowongan dan menjadi tantangan utama dalam berselancar. Barrel inilah yang menjadi incaran para peselancar dunia.

Baca juga: Pantai Pidakan, Spot Pantai Menawan di Pacitan yang Asyik Buat Liburan

Tak hanya punya ombak yang cukup besar, Pantai Watu Karung juga menawarkan spot bagus bagi Sobat Turisian yang hobi memancing. Untuk memancing di tengah laut, kalian bisa menyewa perahu nelayan atau dengan hanya memanfaatkan tebing-tebing yang berada di tepian pantai. Mengingat ombak yang besar, mesti selalu berhati hati.

Destinasi wisata pantai di Pacitan ini juga terkenal dengan pesona Putri Samudera. Sebuah karang raksasa yang berada di tengah laut dan bila Sobat Turisian melihat dari arah tertentu akan membentuk seperti wajah seorang wanita. Kalian bisa menikmati pemandangan ini sambil menyantap sajian makanan laut khas di Pantai Watu Karung, yaitu ikan bakar dan sate gurita.

Lokasi dan Akses ke Watu Karung

Tempat wisata bahari tersebut terletak di Dusun Limasan, Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Akses daerah ini masih cukup sulit, curam, dan terjal. Lokasinya berada sekitar 40 km dari kota Pacitan.

Buat Sobat Turisian yang datang dari luar kota, seperti dari Jawa Barat dan Jakarta, untuk menuju Pantai Watu Karung dapat melewati jalur Gunungkidul, Yogyakarta. Kemudian melewati Solo dan masuk ke jalan pintas di Desa Sedeng untuk sampai di pusat kota Pacitan.

Baca juga: 4 Objek Gua di Perbukitan Sewu Pacitan, Menarik Buat Wisata Susur Gua

Dari situ kalian dapat mengikuti petunjuk yang ada sekitar 40 km dari sana. Terus memasuki wilayah Pringkuku dengan tanjakan curam, sehingga butuh kehati-hatian. Sarannya memakai kendaraan dengan kondisi yang prima.*

Pos terkait