Pantai Watunene, Hidden Gem di Gunungkidul yang Memukau

Pantai Watunene
Pantai Watunene di Gunungkidul, DIY. (Source: Dispar Kab. Gunungkidul)

TURISIAN.com – Bicara soal pantai di Gunungkidul memang tak ada habisnya. Di sana tersimpan hingga ratusan objek pantai dengan daya tariknya masing-masing. Muali dari yang sudah ramai wisatawan hingga yang masih alami juga ada. Salah satunya Pantai Watunene yang termasuk hidden gem.

Selain suasananya yang masih sepi pengunjung, pemandangan di pantai ini sangat memukau. Sobat Turisian bisa melihat hamparan pantai dengan tebing karst yang cukup tinggi di sekelilingnya. Ketinggian tebing karst tersebut mencapai sekitar 100 m. Membuat pantai ini seperti surga yang tersembunyi.

Kebanyakan dari Sobat Turisian mungkin masing asing mendengar nama Pantai Watunene. Wajar saja, karena pantai tersebut memang merupakan pantai baru yang belum banyak kunjungan wisatawan.

Tidak banyak pengunjung yang datang ke pantai ini karena aksesnya yang sulit. Biasanya, mereka yang datang ke sini lebih memilih untuk berkemah di bibir pantai.

Pantai Watunene yang berlokasi di sisi sebelah barat Pantai Seruni ini, memiliki area pantai yang memanjang dari sisi timur hingga barat. Sekelilingnya terdapat perbukitan dengan tumbuhan khas pantai. Sehingga Sobat Turisian bisa merasakan suasana yang sejuk.

Sobat Turisian juga dapat memanjakan mata dengan hamparan pasir putih bersih dan lembut. Dengan kumpulan batu di sisi sebelah timur. Ombaknya memiliki karakteristik yang sama seperti ombak di pantai-pantai lain, besar tetapi masih bisa kalian gunakan untuk bermain air.

Baca juga: Pantai Grigak Gunungkidul yang Memukau dengan Sajian Embung di Atas Gunung

Lokasi Pantai Watunene terletak  di Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Berjarak sekitar 5 kilometer dari Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang ada di wilayah Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus.

Untuk menjangkau objek wisata pantai ini banyak tantangan yang harus Sobat Turisian lalui. Sebagai gantinya, pengelola Desa Wisata Kalurahan Tepus (Dewi Kampus) sudah menyediakan jeep untuk berpetualang.

Akses Menuju Pantai Watunene

Akses ke Pantai Watunene, jalannya sama seperti ke Pantai Seruni. Ada tiga cara untuk menuju ke sana. Pertama, Sobat Turisian bisa melewati pinggiran pantai saat air sedang surut. Kedua, dapat melewati jalan di pertigaan sebelum ke arah Pantai Seruni.

Pada jalur yang kedua, konturnya berbatu dan terjal, sempit, serta hanya bisa kalian lewati menggunakan sepeda motor sampai di ujung jalan. Lalu lanjut dengan berjalan kaki menuju ke pantai tersebut.

Sementara untuk cara yang ketiga, bisa melalui Pantai Seruni. Kendaraan kalian bisa parkir di Pantai Seruni. Kemudian berjalan kaki melewati jalan setapak di bukit sebelah timur dan turun ke Pantai Watunene.

Baca juga: Menyusuri Keindahan di Dalam Gua Cokro Gunungkidul

Sayangnya, di destinasi wisata Gunungkidul yang satu ini belum ada fasilitas yang tersedia karena memang belum ada akses jalan yang baik. Tempat wisata ini buka dari Senin – Minggu selama 24 jam.*

Pos terkait