Menyusuri Keindahan di Dalam Gua Cokro Gunungkidul

Gua Cokro
Gua Cokro Gunungkidul, DIY. (Source: Dispar Kab. Gunungkidul)

TURISIAN.com – Gua Cokro merupakan salah satu dari sekian banyaknya objek wisata gua di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Sobat Turisian yang hobi aktivitas memacu adrenalin dan wisata alam wajib datang ke gua ini.

Objek wisata minat khusus ini, termasuk kategori gua vertikal dengan kedalaman 18 meter. Bibir gua berdiameter 1 meter dan dasarnya sekitar 20 meter ini, memiliki keindahan ornamen alam yang luar biasa.

Begitu Sobat Turisian masuk ke dalam Gua Cokro, bakal terpukau dengan stalaktit dan formasi Speleothem batuan kars, dengan berbagai corak. Salah satu yang menarik membentuk corak batik, pancaran sinar matahari menembus dasar gua jatuh menawan terlihat lebih sederhana, tapi mengagumkan.             

Baca juga: Telaga Kemuning Gunungkidul Sajikan Berbagai Daya Tarik yang Bikin Asyik 

Untuk masuk ke gua yang satu ini memang tidak mudah, harus menggunakan teknik caving. Serta minimal menguasai teknik rappeling dan Single Rope Techique (SRT). Selain itu butuh nyali besar untuk masuk ke sini. Sebab masuknya dengan menuruni ke dalam yang mencapai 18 meter dengan mengunakan tali.

Lokasi & Pemandu  Gua Cokro Yogyakarta

Objek wisata gua ini terletak di Dusun Blimbing, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Pengelolanya dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mekars.

Sebelum masuk gua, pengelola melakukan briefing kepada pengunjung tentang apa saja yang perlu ikuti saat masuk ke dalam Gua Cokro Gunungkidul in. Pengunjung diarahkan mengenakan wearpack khusus, hel, dan sepatu.

Baca juga: Mengenal Candi Risan Gunungkidul, Peninggalan Masa Mataram Kuno

Di mulut gua Sobat Turisian bakal bertemu dua orang pemandu. Satunya memasang karabiner dan yang lain menyiapkan tali. Tak perlu takut turun, mereka sudah terlatih khusus. Setelah semua siap, pengunjung turun merasakan sensasi tersendiri karena lubang cukup sempit dan masuk ke ruangan cukup luas.*

Pos terkait