Indonesia Targetkan 3.000 Wisman Asal Malaysia di MATTA Fair 2023

Wisman Asal Malaysia
Suasana booth di MATTA FAIR 2023 Kuala Lumpur, Malaysia. (Instagram/@edholidaystravel)

TURISIAN.com – Indonesia membidik 3.000 wisman asal Malaysia dalam Pameran Asosiasi Agen Tur dan Perjalanan Malaysia (MATTA Fair) 2023 di Kuala Lumpur.

Keinginan itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Paviliun Indonesia di MATTA Fair 2023 di Kuala Lumpur, Jumat 17 Maret 2023.

“Kita akan harapkan kehadiran kita di sini sesuai target 3.000 pax. Mungkin (nilainya) di atas Rp10 miliar, selama tiga hari (pameran),” kata Sandiaga.

Pemerintah menargetkan 7,9 juta wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Indonesia pada 2023.

BACA JUGA: Kota Batam Dibanjiri Wisatawan Asal Singapura dan Malaysia

Jumlah wisman asal th di MatMalaysia mencapai 2,7 juta orang sebelum pandemi COVID-19. Dan angka tersebut diharapkan terus meningkat.

“Jadi kita harapkan menuju angka itu. Makanya, kita kembali ke sini dengan penuh antusiasme dan semangat,” tegas Sandiaga.

 

Perwakilan Indonesia di Event MATTA Fair 2023. (Instagram/@rezwanalias)

“Kami melihat ini adalah kolaborasi yang positif dengan dunia usaha, dengan ASITA (Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies),” sambungnya.

Ia juga mengaku sangat optimistis dengan target itu. Karena dalam tiga tahun terakhir Malaysia masih memandang Indonesia sebagai destinasi utama mereka.

BACA JUGA: Tourism Malaysia Bakal Gelar Virtual Travel Mart di Bandung

Menurut Sandiaga, target jumlah wisatawan dari Malaysia memang ditingkatkan karena kementeriannya sedang mengembangkan rute-rute destinasi wisata baru.

Pengunjung menanyakan paket-paket wisata di booth Tasik Cermin dalam acara MATTA FAIR 2023 (Instagram/@tasikcermin)

Seperti Pekanbaru-Kuala Lumpur, Pekanbaru-Melaka, Medan-Penang. Kemudian, Pontianak-Kuching, Manado-Kota Kinabalu atau Ibu Kota Nusantara (IKN)-Kota Kinabalu.

“Jadi, ini potensi baru yang kita akan wujudkan, dan kita sangat yakin tahun ini target (wisatawan) mancanegara dari Malaysia akan tercapai,” ujar dia.

Semua itu diperlukan untuk dapat menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024 dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, katanya. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait