Mampir Dulu ke Danau Anano Tei Buton Tengah yang Indah dan Memesona

Danau Anano Tei
Danau Anano Tei, Buton Tengah, Sultra. (Pemkab Buton Tengah)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang lagi liburan di Buton Tengah dan mau menuju ke Pantai Mutiara, bisa mampir dulu di Danau Anano Tei. Jaraknya kedua tempat tersebut berdekatan, makanya danau ini pun memiliki air asin seperti air laut.

Nama Anano Tei sendiri berasal dari bahasa setempat yang berarti “anak pantai”. Pesona keindahan objek wisata ini bisa Sobat Turisian lihat langsung. Tampak area hutan bakau yang menghiasi sudut-sudut danau.

Ketika berada di kawasan Danau Anano Tei, Sobat Turisian pun bisa menikmati suasana sekitar yang asri dengan udara yang segar karena banyaknya pepohonan. Kalian bisa duduk-duduk santai di gazebo yang sudah tersedia. Sembari menikmati pemandangan sekitar yang indah, seperti view hamparan laut Pantai Mutiara.

Sobat Turisian bisa datang ke sini di saat pagi, siang, atau sore hari. Tapi yang menarik ketika momen sunrise di pagi hari dan sunset di kala senja. Kalian bisa berswafoto berlatar momen indah tersebut dan perairan danau.

Kalau ingin lebih seru lagi, Sobat Turisian bisa berjalan menyeberangi Danau Anano Tei melewati sebuah jembatan cantik yang melintang di atasnya. Jangan lupa saat di tengah jembatan ambil dulu foto-foto dengan nuansa pemandangan yang aduhai dan tentunya instagenic banget.

Baca juga: Pantai Wantopi Surga Bahari di Buton Tengah Sulawesi Tenggara

Di atas jembatan tersebut, Sobat Turisian bisa pilihan latar belakang untuk foto sesuai selera. Di situ ada latar hamparan danau, pepohonan, hutan bakau, perbukitan yang indah, hingga hamparan laut.

Namun sebelum berangkat ke Danau Anano Tei Buton Tengah ini, perlu menyiapkan dan membawa perbekalan makanan dan minuman. Pasalnya di sini belum ada pedagang yang menjajakan makanan dan minuman.

Lokasi Danau Anano Tei Buton Tengah

Objek wisata tersebut berlokasi di Desa Gumanao, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara (Sultra). Sobat Turisian dapat menjangkaunya dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Durasi perjalanan menuju Danau Anano Tei kurang lebih 1,5 jam dari Kota Baubau. Sementara dari pusat kota Buton Tengah, Sobat Turisian dapat menempuhnya hanya selama lebih kurang 15 menit perjalanan.

Baca juga: Kande Tompa, Tradisi Unik di Buton Sebagai Ajang Mencari Jodoh

Enaknya lagi, masuk ke destinasi wisata yang satu ini, Sobat Turisian tak perlu bayar tiket masuk alias gratis. Kalian cukup membayar ongkos parkir sebesar Rp8.000 untuk sepeda motor dan Rp15.000 untuk mobil.*

 

Pos terkait