Selama Libur Lebaran 2023, Jumlah Kunjungan Wisata Diproyeksikan Tumbuh 25 Persen

Libur Lebaran 2023
Ilustrasi Foto: Candi Borobudur yang biasa ramai wisatawan saat libur Lebaran.

TURISIAN.com – Ketika momen libur Lebaran tiba, kunjungan ke destinasi wisata pun selalu meningkat. Nah untuk momen libur Lebaran 2023 kali ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memprediksi jumlah kunjungan ke objek wisata akan tumbuh sebesar 25 persen.

Pernyataan tersebut datang dari Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo saat menghadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Idulfitri 1444 H. Bersama jajaran Kementerian/Lembaga di Mabes Polri, di Jakarta, pada Kamis (6/4/2023) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Angela menyampaikan kesiapan Kemenparekraf menyambut libur Lebaran 2023. Proyeksinya jumlah kunjungan ke destinasi wisata selama momentum libur lebaran tahun ini akan tumbuh sebesar 25 persen.

“Dari kacamata pariwisata, pergerakan masyarakat yang diprediksi mencapai 123,8 juta orang pada libur lebaran tahun ini. Juga akan mendorong kunjungan ke sejumlah destinasi wisata,” tutur Wamenparekraf Angela, dalam siaran pers Kemenparekraf.

Baca juga: Tren Liburan Lebaran 2023 Lebih ‘Meledak’ Dibanding Tahun Sebelumnya

Bukan hanya destinasi wisata, transportasi, dan akomodasi, faktor makan dan minum juga akan menjadi pengeluaran terbesar wisatawan selama libur Lebaran. Perputaran ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) prediksinya akan mencapai angka Rp100 triliun-Rp150 triliun.

Pergerakan wisatawan saat libur Lebaran 2023 ini harus berjalan dengan rasa nyaman dan aman. Kemenparekraf pun terus memastikan ketersediaan transportasi resmi, kesiapan tempat peristirahatan untuk pengemudi, protokol kesehatan. Serta pelayanan dan pengamanan bagi wisatawan.

“Semoga mudik lebaran tahun ini berjalan dengan lancar dan membawa kebahagiaan bagi kita semua,” ungkap Wamenparekraf Angela.

Baca juga: Kolaborasi Kemenparekraf dengan Kemenhub Luncurkan Program Mudik Gratis

Dalam momen libur Lebaran kali ini, masyarakat umum pun bisa memantau destinasi wisata secara daring. Untuk melakukan pemantauan destinasi pariwisata selama masa mudik dan libur lebaran tahun 2023, masyarakat dapat mengakses laman website https://sisparnas.kemenparekraf.go.id.*

 

 

Sumber & Foto: Kemenparekraf

Pos terkait