5 Tempat Ngabuburit Favorit di Banda Aceh

Tempat Ngabuburit Banda Aceh
Masjid Raya Baiturrahman salah satu tempat ngabuburit favorit di Banda Aceh. (Source: Dispar Banda Aceh)

TURISIAN.com – Ngabuburit sudah menjadi tradisi yang selalu masyarakat Indonesia lakukan di bulan Ramadan. Sebuah kegiatan menyenangkan di sore hari menjelang berbuka puasa. Nah di berbagai daerah banyak sekali spot-spot ngabuburit yang asyik. Seperti berbagai tempat ngabuburit di Banda Aceh.

Saat ngabuburit tersebut, Sobat Turisian bisa melakukan berbagai hal yang menarik dan menyenangkan. Seperi jalan-jalan, bermain bersama keluarga maupun orang-orang terdekat, berburu takjil, hingga menghabiskan waktu di suatu tempat.

Berikut ini ada 5 tempat ngabuburit di Banda Aceh yang populer dan sedang hits. Cocok buat Sobat Turisian yang sedang berkunjung ke Aceh!

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman merupakan ikon wisata religi Kota Banda Aceh. Sehingga otomatis kerap menjadi destinasi ngabuburit favorit bagi warga lokal maupun luar daerah.

Bangunan masjid termegah di Aceh ini selalu berhasil memikat mata wisatawan dengan keindahannya. Hingga tak heran jika Masjid Raya Baiturrahman menjadi perhatian dunia.

Baca juga: 8 Objek Wisata di Banda Aceh ini Bisa Kamu Kunjungi dalam Sehari

Begitu tiba di tempat ngabuburit Banda Aceh yang satu ini, Sobat Tiurisian bisa melihat kegahnya bangunan masjid ini. Tampak 12 payung konvertibel, membuat suasananya seperti di Masjid Nabawi, Kota Mekkah. Payung-payung ini berfungsi melindungi jemaah dari panas dan teriknya matahari.

Khusus selama Ramadan, pengurus Masjid Raya Baiturrahman menyediakan bubur kanji gratis. Sebagai menu berbuka puasa bagi para pengunjung.

2. Blang Padang

Tempat ngabuburit di Banda Aceh yang populer selanjutnya yaitu Blang Padang. Lokasinya berada tepat di pusat kota ini. Hanya sekitar 5 menit berjalan kaki dari Masjid Raya Baiturrahman. Dengan lokasi yang strategis dan luas area mencapai 8 hektare, membuatnya menjadi salah satu tempat ngabuburit hits di Banda Aceh.

Di sini Sobat Turisian bukan hanya bisa merasakan suasana sejuk dari pepohonan rindang dan hijau di sekelilingnya. Namun bisa berbuka puasa dengan beragam menu makanan dan minuman. Karena ada banyak para pedagang kaki lima yang menjajakan beragam kuliner.

3. Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue sudah tidak asing lagi bagi masyarakat setempat maupun dari luar daerah sebagai salah satu tempat ngabuburit di Banda Aceh. Lokasinya berada di Gampong Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh.

Pantai ini sangat cocok sebagai destinasi wisata ngabuburit. Sebab tempat ini menyajikan pemandangan laut yang begitu indah. Terlebih pemandangan beberapa pulau kecil dari kejauhan.

Baca juga: Pantai Ulee Lheue Banda Aceh, Pilihan Tepat Buat Rekreasi Keluarga

Selain itu, di sepanjang jalan Ulee Lheue juga banyak penjual aneka makanan dan minuman yang bisa Sobat Turisian jadikan sebagai menu saat berbuka puasa. Tempat wisata yang satu ini buka setiap hari, dari pukul 06.00-18.00 WIB. Sarannya, datanglah lebih awal atau ba’da Asar untuk menghindari kemacetan.

4. Pantai Gampong Jawa

Berikutnya ada Pantai Gampong Jawa sebagai salah satu tempat ngabuburit di Banda Aceh yang sedang hits. Letaknya berada di Kecamatan Kuta Alam, berjarak tempuh sekira 12 menit dari pusat Kota Banda Aceh.

Daya tarik destinasi wisata ini saat ngabuburit, yakni sajian panorama sunset yang tak kalah indah dan selalu ramai wisatawan. Di sini juga Sobat Turisian bisa menyaksikan secara langsung aktivitas tradisional Tarek Pukat oleh para nelayan, terkecuali di hari Jumat.

Di sepanjang jalan Pantai Gampong Jawa ini pun banyak pedagang kaki lima dan kafe-kafe yang menawarkan aneka makanan, minuman hingga cemilan. Pas buat spot berbuka puasa kalian.

5. Taman Sari

Tempat ngabuburit di Banda Aceh yang terakhir ini, yaitu Taman Sari. Berlokasi di pusat Kota Banda Aceh dan sering menjadi spot wisata bermain, pentas seni, pameran, hingga kegiatan sosial.

Kerennya lagi, taman seluas 3.000 meter persegi ini juga memiliki fasilitas akses internet gratis untuk para pengunjung. Jadi Sobat Turisian bisa internetan gratis sepuasnya sambil menunggu waktu berbuka.

Baca juga: Taman Sari Gunongan Aceh yang Asri dan Lekat Kisah Percintaan Sultan

Letak Taman Sari ini berada di depan Balai Kota Banda Aceh dan berbatasan langsung dengan Masjid Raya Baiturrahman. Sehingga kalian tak perlu jauh-jauh untuk menunaikan ibadah salat Magrib.

Itulah 5 rekomendasi tempat ngabuburit hits di Kota Banda Aceh yang wajib Sobat Turisian sambangi selama Ramadan. Jangan lupa ajak keluarga atau teman dekat biar lebih asyik dan seru!*

 

 

Sumber: acehtourism.travel

Pos terkait