Taman Sari Gunongan Aceh yang Asri dan Lekat Kisah Percintaan Sultan

Taman Sari Gunongan
Taman Sari Gunongan di Banda Aceh. (Source: Kemdikbud)

TURISIAN.com – Berwisata ke Kota Banda Aceh, Sobat Turisian bisa menemukan banyak objek wisata alam, sejarah dan budaya. Salah satunya Taman Sari Gunongan, yang menyuguhkan suasana taman yang asri dan latar kisah percintaan seorang sultan.

Cagar budaya tersebut terkenal pula dengan sebutan Taman Gairah. Di dekatnya terdapat Kandang yang menjadi tempat pemakaman Sultan Iskandar Thani.

Begitu Sobat Turisian masuk ke taman ini, pastinya bakal langsung terhipnotis taman yang sangat indah. Dengan beberapa pohon yang sekelilingnya terdapat bunga-bunga yang terawat dengan baik.

Taman Sari Gunongan ini cukup nyaman dan bikin betah karena tertata sangat rapi dan bersih. Keistimewaannya tetap mempertahankan arsitektur aslinya, sehingga Sobat Turisian dapat merasakan suasana antik khas abad ke-16.

Bangunan cantik yang ada di taman ini memiliki tinggi ekitar 10 meter dan setinggi tiga lantai berbentuk bunga. Taman Sini juga mempunyai beberapa seksi yang bisa dikunjungi salah satunya adalah seksi Peterana Batu.

Baca juga: 8 Objek Wisata di Banda Aceh ini Bisa Kamu Kunjungi dalam Sehari

Peterana Batu merupakan kursi berbentuk kelopak dengan banyak lekukan di tengahnya. Saat ini, Peterana Batu konon Permaisuri gunakan hanya untuk duduk-duduk menikmati keindahan Taman Sari. Sembari melihat bagian lainnya adalah kandang milik keluarga kesultanan. Kandang ini adalah fasilitas pemakaman keluarga Sultan di Aceh.

Sejarah Pendirian Taman Sari Gunongan

Tempat ini merupakan objek wisata sejarah yang lekat dengan kisah percintaan. Kalau di India ada Taj Mahal, maka di Aceh terdapat taman sari yang satu ini.

Taman Sari Gunongan merupakan suatu bangunan peninggalan Kerajaan Aceh yang pembangunannya oleh Sultan Iskandar Muda. Tujuannya untuk menunjukkan rasa cintanya kepada Putri Phang dari Pahang Malaysia.

Yang Mulia Permaisuri sangat menyukai kampung halamannya kala itu. Untuk meratapi suasana pegunungan di kampung halamannya dan menghibur Ratu. Maka Sultan membangun Gunongan berbentuk bukit untuk istrinya. Pembangunan taman tersebut antara tahun 1607 dan 1636 pada masa pemerintahan Iskandar Muda.

Lokasi Taman Sari Gunongan

Destinasi wisata tersebut berlokasi sangat strategis karena berada di jantung kota Banda Aceh, tepat di depan Balai Kota. Terletak di sekitar Desa Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Baca juga: Pantai Ulee Lheue Banda Aceh, Pilihan Tepat Buat Rekreasi Keluarga

Di sekitar Taman Sari Gunongan terapit Masjid Baiturrahman, landmark Aceh di sebelah kiri. Lalu kompleks transportasi militer di sebelah timur dan Jalan T. Umar atau Simpang empat di sebelah barat.

Sobat Turisian juga bisa naik Bus Trans Kutaraja Rute Koridor 3 untuk berkunjung ke Taman Sari tersebut. Selain itu, bisa juga menggunakan transportasi online. Menariknya, tempat ini buka secara gratis.*

 

Pos terkait