Akses Labuan Bajo-Golo Mori Resmi Dibuka, Jadi Konektivitas Destinasi

Akses Labuan Bajo-Golo
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan akses jalan Labuan Bajo-Golo Mori di i Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa 14 Maret 2023. (Instagram/@jokowi)

TURISIAN.com – Akses Labuan Bajo-Golo Mori di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) resmi dibuka untuk umum.

Pembukaan jalan menuju ke destinasi super prioritas ini  dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa 14 Maret 2023.

“Pagi hari ini kita melihat bahwa jalan dari Labuan Bajo ke Golo Mori telah selesai. Ini akan memperbaiki konektivitas dalam rangka kita mengembangkan Labuan Bajo. Yakni,  sebagai destinasi wisata super prioritas,” kata Jokowi dalam sambutan resminya.

Selain untuk mendorong pengembangan Labuan Bajo, Jokowi juga menyebut jalan yang menghubungkan Labuan Bajo dan Golo Mori ini  dapat mendukung perkembangan kawasan sekitarnya.

BACA JUGA: Ada Wisata ‘Tandingan’ di Dekat Taman Nasional Komodo Labuan Bajo

Jalan akses sepanjang 25 kilometer tersebut dibangun dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp 481 miliar.

“Kawasan antara Labuan Bajo dan Golo Mori nanti akan bisa berkembang dengan baik,” ujar Jokowi.

Sementara itu,  Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X NTT, Agustinus Junianto, menjelaskan. Bahwa sepanjang jalan akses Labuan Bajo-Golo Mori itu juga dibangun beberapa jembatan dengan total panjang 175 meter.

“Di dalam pembangunan jalan ini ada jembatan yang kita bangun sepanjang 175 meter. Ada empat jembatan. Yaitu Jembatan Naganae, Jembatan Wae Mburak, Jembatan Wae Kenari, dan juga Jembatan Soknar,” jelasnya.

BACA JUGA: Tok! KUHP Disahkan, Wisatawan Asing ‘Kabur’ dari Labuan Bajo

Ditambahlan Agustinus, dengan dibangunnya jalan akses tersebut dapat memangkas waktu tempuh dari Labuan Bajo menuju Golo Mori.

“Sebelumnya kalau dari Labuan Bajo sampai dengan di Golo Mori itu kita menempuh waktu kurang lebih dua sampai tiga jam. Kalau sekarang hanya 30 menit,” kata dia.

Dalam peresmian jalan itu,  Jokowi didampingi  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat, dan Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi.

***

Pos terkait