Sumarak Ramadan National Halal Fair 2023, Targetkan Rp 1 Miliar Pendapatan

Sumarak Ramadan National Halal
Ilustrasi. Masjid Raya Kota Padang, Jawa Barat. (Instagram/@syifshutters)

TURISIAN.com – Sumarak Ramadan National Halal Fair 2023 di Kota Padang, Sumatera Barat mampu membukukan transkasi Rp 200 juta dalam beberapa hari.

Event yang berlangsung di Masjid Raya tersebut bahkan ditargetkan bisa menuai transkasi senilai Rp 1 miliar di akhir kegiatan.

Kegiatan yang mendapat respon dari masyarakat terus menarik pengunjung sejak digelar pada 29 Maret lalu.

Project Manajer Iven Sumarak Ramadan Vinza Rivelino di Padang, Jumat 7 April 2023 mengucapkan syukur. Karena sejak dibuka Gubernur Sumbar sejak 29 Maret hingga 18 April 2023 berjalan semarak.

Dan ramai dikunjungi warga baik dari Kota Padang hingga Sumbar.

BACA JUGA: Festival Sahur Sulteng, Upaya Bangun Toleransi Umat di Bulan Ramadhan

“Sejak awal target transaksi yang ingin dicapai dalam kegiatan ini sebesar Rp1 miliar dan itu bisa kita capai di akhir kegiatan nanti,” kata dia.

Ia mengatakan kegiatan Sumarak Ramadan ini ada 58 tenda pelaku usaha yang diisi sejumlah produk. Mulai dari makanan untuk berbuka puasa, UMKM, otomotif dan lainnya.

Ada UMKM binaan Bank BRI, 10 UMKM binaan Bank Indonesia dan 10 UMKM binaan Bank Nagari dan sisanya pengusaha mikro yang berjalan sendiri.

Sosialisasi cashless

“Kami menerapkan standar kebersihan kepada seluruh pedagang yang menjual makanan kepada masyarakat. Sehingga produk yang dijual higienis dan sehat,” katanya.

“Awalnya kita ingin semua transaksi tidak menggunakan uang tunai namun setelah dievaluasi kita gunakan uang tunai sambil melakukan sosialisasi cashless,” sambung dia.

BACA JUGA: Festival Kuliner Solo Diperkirakan Bakal Sedot 25 Ribu Pengunjung

Pengusaha yang ada di sini mulai berjualan pukul 16.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Dan pihaknya memprediksi saat libur panjang seperti saat ini kunjungan akan meningkat.

“Kita juga prediksi saat itikaf nanti ada lonjakan pengunjung. Saat pandemi saja ada 1.500 orang yang ikut itikaf di sini dan prediksi kita di Ramadan ini tentu lebih banyak,” kata dia.

Apalagi Pemprov Sumbar melalui Dinas Koperasi dan UKM juga menggelar Bazar Ramadan pada 6-9 April 2023.

Kemudian ada juga Bazar Ramadan yang digelar 11-14 April 2023 yang menjual beragam kebutuhan pokok masyarakat.

“Semua itu terangkum dalam kegiatan Sumarak Ramadan National Halal Fair yang digelar 29 Maret hingga 18 April 2023,” kata dia. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait