Pantai Wantopi Surga Bahari di Buton Tengah Sulawesi Tenggara

Pantai Wantopi
Pantai Wantopi di Buton Tengah. (source Dispar Sultra)

TURISIAN.com – Jika Sobat Turisian menginginkan tempat wisata pantai yang masih alami dan tak begitu ramai. Namun panoramanya memesona, bisa coba datang ke Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Di sana ada satu pantai yang indah bernama Pantai Wantopi.

Destinasi Pantai Wantopi menjadi salah satu pantai favorit dan kebanggaan masyarakat setempat. Letaknya berada di dalam Teluk Lasori, Desa Wantopi, Kecamatan Mawasangka Timur, Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Sekitar 50 km dari Pelabuhan Wamengkoli.

Menuju ke tempat wisata Buton Tengah ini, Sobat Turisian harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan karena belum tersedia angkutan umum. Pantai Wantopi dapat Sobat Turisian temouh dengan berkendara sekitar 70 hingga 80 menit dari Pelabuhan Wamingkoli.

Meski harus melewati beberapa sisi jalannya yang belum beraspal, tapi saat tiba di lokasi rasa lelah selama perjalanan akan hilang seketika. Terobati dengan pesona keindahan pantai yang memanjakan mata ini.

Sobat Turisian akan disuguhi pemandangan yang sangat indah, dengan angin sepoi-sepoi. Tambah hamparan pasir putih yang halus, pohon kelapa yang berbaris rapi, sehingga sangat cocok untuk menikmati akhir pekan dan merelaksasi tubuh.

Baca juga: Nih Indonesia Punya! Benteng Wolio Buton Sebagai Benteng Terluas di Dunia

Pesonanya kan bertambah saat air laut surut, bentuk pantai semakin terlihat jelas di mana letaknya yang sangat unik memiliki daratan di tengah-tengah laut di atas pasir putih. Seolah-olah kita berada di pulau kecil di tengah lautan.

Fasilitas Pantai Wantopi Buton Tengah

Fasilitas di Pantai Wantopi sudah cukup lengkap, dengan adanya toilet umum. Lalu jika ingin melaksanakan salat, tersedia masjid terdekat yang cukup hanya berjalan kaki melewati jembatan yang cantik. Spot ini pun menarik buat latar foto instagenik Sobat Turisian.

Tak hanya itu, di tempat ini Sobat Turisian bisa bermalam menikmati taburan bintang di langit dengan camping di area pantai. Selain taburan bintang, suasana malam pun semakin indah dengan pemandagan lampu-lampu rumah warga di seberang, tepatnya di Pantai Katembe.

Berwisata di Wantopi semakin betah karena warga sekitarnya juga sangat ramah. Di sekeliling pantai Sobat Turisian juga akan melihat petani rumput laut yang sedang mengolah rumput laut. Sebagian besar masyarakat di sini berprofesi sebagai nelayan, sehingga Sobat Turisian sangat mudah untuk mendapatkan ikan segar juga kepiting kecil (rajungan).

Objek Wisata Gua Oemamba

Bila sudah puas keliling pantai, sekira 300 meter dari pintu masuk Pantai Wantopi, Sobat Turisian bisa mengunjungi Gua Oemamba. Di dalam gua ini terdapat perairan yang sudah sering diselami beberapa penyelam internasional, seperti dari Thailand, Malaysia, Singapura, Kanada, China, dan lain-lain.

Baca juga: 4 Aktivitas Seru di Pantai Toronipa Konawe, Bikin Liburanmu Berkesan!

Jadi bagi Sobat Turisian yang sudah memiliki lisensi menyelam gua, Gua Oemamba bisa menjadi salah satu list untuk berpetualang di Buteng. Istimewanya lagi, untuk masuk kawasan Pantai Wantopi maupun Gua Oemamba belum dikenakan biaya tiket masuk alias gratis.*

Pos terkait