10 Tips Memilih Hotel Saat Liburan, Dari Harga Sampai Remot TV

Memilih Hotel Saat Liburan
Foto: iStock/maria korneeva

TURISIAN.com – 10 Tips memilih hotel ini sangat membantu kalian saat memutuskan liburan. Maklum, seringkali kita menjadi tidak nyaman karena hotel tempat menginap diluar ekspetasi yang ada.

Entah, amenities di dalam kamar hotel yang kurang. Pelayanan saat pemesanan kamar yang lola alias loading lama.

Alih-alih liburan menyenangkan, sebaliknya malah dibuat pusing tujuh keliling. Apalagi, jika perjalanan ditempuh cukup jauh.

Nah berikut 10 tips memilih hotel yang dikutip Turisian.com dari Deticom agar traveling kalian lebih nyaman menghabiskan waktu liburan.

1. Bandingkan harga kamar lebih dulu

Traveler perlu membandingkan harga sewa kamar dari situs pemesanan online perjalanan dengan harga sewa yang diberikan lewat website. Kadang kala situs hotel memberikan harga lebih murah, lho. Sebab, hotel tidak perlu membayar komisi kepada situs pemesanan itu.

BACA JUGA: Tips Irit Bahan Bakar Saat Melakukan Perjalanan Arus Balik

2. Informasikan hari khusus traveler kepada hotel

Informasi itu bisa berupa perayaan ulang tahun, kelulusan, bulan madu, atau ulang tahun pernikahan traveler. Tulis catatan di kotak komentar saat memesan secara online atau sampaikan secara langsung jika traveler membuat reservasi melalui telepon.

Kemungkinannya adalah traveler akan mendapatkan upgrade kamar gratis atau mereka akan memberikan hadiah khusus, seperti sebotol sampanye atau sepaket buah-buahan.

Bagaimanapun, hotel hanya ingin membuat traveler memiliki pengalaman menyenangkan dan mengesankan selama menginap.

3. Ambil saja perlengkapan mandi

Bukan handuk dan jubah mandi hotel, ya yang bisa diambil. Tetapi, sabun kecil dan sampo, kondisioner, krim tangan, dan lotion bisa dibungkus.

Jangan ragu untuk mengambilnya. Benda-benda itu sudah termasuk dalam fasilitas yang dibayar traveler.

Andai traveler tidak langsung menggunakannya, barang-barang itu akan berguna untuk perjalanan berkemah, menginap, atau perjalanan panjang dengan pesawat. Traveler juga dapat menempatkannya dalam tas kecil untuk disumbangkan kepada para tunawisma.

BACA JUGA: Wisatawan Terpaksa Ditampung di Masjid, Gara-gara Hotel Penuh

Menjaga Gorden Tetap Tertutup

4. Gunakan hanger untuk menjaga tirai tertutup rapat

Jika merasa jet-lag, traveler mungkin bakal tertidur di tengah hari. Namun, tidak peduli seberapa lelahnya traveler, tidur mungkin menjadi tantangan jika kamar hotel Anda memiliki tirai yang tidak menutup rapat dan meninggalkan celah di tengahnya.

Untuk mengatasinya, ambil beberapa hanger dari lemari dan gunakan klem di bagian bawah untuk menjaga gorden tetap tertutup rapat. So, kamar traveler tidak lagi kemasukan cahaya matahari. Tidur pun lebih nyaman.

5. Gunakan papan setrika sebagai meja atau meja

Jika traveler tidak memiliki cukup ruang di kamar untuk semua barang pribadi, periksa lemari untuk mengecek papan setrika. Jika tidak ada, coba tanyakan kepada orang-orang di meja resepsionis apakah mereka dapat mengirimkannya ke kamar Anda.

Selain menggunakan papan setrika sebagai rak tambahan, Anda juga bisa menggunakannya sebagai meja kerja atau meja makan. Ingatlah untuk menutupi papan setrika dengan handuk untuk menghindari pewarnaan!

BACA JUGA: Ingin Terhindar dari Kolesterol di Moment Lebaran, Ikuti Tips Ini

6. Gunakan tas laundry

Banyak hotel memiliki layanan laundry untuk tamu mereka, itulah sebabnya tas laundry disediakan di setiap kamar. Namun, jika Anda tidak berencana memanfaatkan layanan laundry hotel, mengapa tidak menggunakan kantong cucian untuk hal lain?

Anda bisa menggunakan laundry bag untuk memisahkan pakaian kotor dengan pakaian yang tidak terpakai. Traveler juga dapat menggunakannya untuk menyimpan makanan ringan atau berfungsi sebagai kantong sampah untuk menjaga kebersihan mobil selama perjalanan pulang yang panjang.

 

7. Gunakan shower cap untuk menyimpan sepatu kotor

Cukup bungkus sepatu dengan shower cap andai tidak ada wadah atau bungkus lainnya. Traveler pun tidak perlu khawatir koper akan kotor karena sepatu.

BACA JUGA: 7 Hotel Paling Artistik di Bandung yang Sangat Instagramable

Hindari Kuman yang Menempel

8. Bungkus remot TV atau AC dengan plastik

Dengan begitu banyak ruangan yang harus dilalui setiap hari, selalu ada kemungkinan petugas kebersihan akan mengambil jalan pintas.

Tidak peduli seberapa bersih ruangan Anda, akan selalu ada area dan hal-hal tertentu yang tertutup bakteri dan kuman.

Remote control, misalnya, adalah salah satu item yang jarang didesinfeksi. Bandingkan seberapa sering traveler membersihkan remot TV atau AC di rumah! Dengan pertimbangan higienitas, cukup bungkus remot TV atau AC dalam kantong plastik bening.

9. Manfaatkan plester untuk pengamanan

Sebagian besar kamar hotel tidak dirancang untuk bayi dan anak kecil. Jika Anda bepergian dengan anak-anak, mungkin mengemas beberapa plester merupakan ide bagus. Plester bisa membuat kamar hotel lebih aman buat si kecil.

Plester bisa dipakai untuk menutupi stop kontak listrik yang terbuka sehingga anak-anak lebih aman dari sengatan listrik. Traveler juga dapat menggunakannya untuk mengikat kabel listrik atau kabel ekstensi.

10. Gunakan pemanggang roti untuk mencairkan mentega

Mentega dingin dan keras yang disajikan untuk sarapan di dalam kamar bisa membuat frustrasi. Mencoba mengoleskan mentega langsung di atas roti berisiko bikin roti sobek.

Traveler bisa mencoba trip untuk mencegahnya. Yakni, cobalah letakkan sebungkus kecil mentega di atas pemanggang roti saat sedang memanaskan roti. Panas dari pemanggang akan membantu melelehkan mentega dan membuatnya lebih mudah menyebar.

Semoga 10 tips memilih hotel saat liburan ini bisa membantu kalian ya…

***

Sumber: Detikcom

Pos terkait