Tiga Destinasi Wisata Menarik di Bontang Kaltim yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Destinasi wisata Bontang
Pulau Segajah yang berpasir putih dan bersih.

TURISIAN.com – Bontang merupakan salah satu kota di Kalimantan Timur (Kaltim) yang memiliki alam memesona keindahannya. Sehingga banyak destinasi wisata di Bontang yang menarik dan wajib Sobat Turisian kunjungi saat liburan berikutnya.

Berwisata ke wilayah ini, Sobat Turisian bisa memilih ragam destinasi wisata di Bontang sesuai keinginan. Ada wisata alam, wisata buatan, hingga wisata budaya. Nah jika Sobat Turisian masih bingung memilih, yuk simak gambaran rekomendasi tiga destinasi wisata Bontang berikut ini, buat bekal informasi.

1. Pulau Beras Basah, Bontang
destinasi wisata bontang
Pulau Beras Basah yang Memukau.

Nama yang unik dari pulau ini, menurut cerita masyarakat setempat merupakan gabungan dari kata beras dan basah. Konon, dulu terdapat kapal milik Kesultanan Kutai yang sedang berlayar di Selat Makassar. Kapal itu membawa bahan pangan, salah satunya beras. Namun kapal ini tiba-tiba karam dan menumpahkan semua bawaannya.

Lokasi jatuhnya bahan pangan tersebut tepat di perairan yang dangkal, sehingga tumpahan berasnya tidak tenggelam. Melainkan muncul hampir menyerupai gundukan, lama kelamaan gundukan ini pun berubah menjadi pulau kecil.

Pulau kecil ini kemudian berubah menjadi pulau berpasir putih seperti beras yang selalu basah karena dikelilingi oleh lautan. Dan akhirnya dikenal sebagai Pulau Beras Basah. Wuih kisah yang menarik Sobat Turisian. Itulah keunikan dan keistimewaan wisata Indonesia yang tak bisa lepas dari cerita legenda.

Baca juga: Sensasi Berenang Bersama Hiu Paus di Perairan Berau Kaltim

Objek wisata Bontang ini, tak hanya memiliki keindahan di atas daratan, tapi juga pesona di bawah laut yang sangat fantastis dan akan memanjakan mata Sobat Turisian. Airnya yang jernih, ombak tenang, dan pasir putih yang lembut menjadikannya tempat ini cocok untuk menenangkan tubuh dan pikiran.

Tampak barisan terumbu karang di bawah laut yang cantik dengan hiasan aneka biota laut yang berwarna warni. Membuat Pulau Beras Basah makin asyik untuk dijadikan tempat snorkeling. Saat menyelam, Sobat Turisian juga akan menemui koral cangkokan yang sengaja ditanam oleh Pemerintah Kota Bontang.

2. Pulau Segajah, Bontang
destinasi wisata bontang
Gelembung Abadi di bawah laut sekitar Pulau Segajah.

Tempat wisata Bontang berikutnya, yaitu Pulau Segajah yang memiliki luas sangat kecil. Di situ, Sobat Turisian hanya akan menemukan gundukan pasir di tengah laut tanpa ada bangunan, bahkan pohon sekalipun.

Namun dengan bekal serba minimalis, Pulau Segajah memiliki keunikan yang menjadi pesona daya tariknya. Uniknya, pulau ini akan menghilang pada malam hari dan muncul kembali pada siang hari. Muncul dan hilangnya pulau ini sendiri tidak terlepas dari pasang dan surut air laut yang terjadi. Wuih menarik ya, sobat Turisian!

Jadi jika ingin melihat dan singgah di Pulau Segajah, Sobat Turisian harus datang di pagi atau sore hari saja, kala air pantai sedang surut. Tapi ingat, jangan sampai kemalaman singgah di pulau ini. Sobat Turisian harus segera meninggalkan pulau sebelum malam menjelang.

Sebab jika tetap tinggal, bisa ikut tenggelam bersama dengan pulau yang terendam air pasang. Makanya, datang sejak pagi jadi Sobat Turisian bisa puas menikmati keindahan bahari Pulau Segajah.

Baca juga: Mesti Coba! 6 Kuliner Khas Kalimantan Selatan yang Otentik dan Lezat

Bagi Sobat Turisian yang senang berkegiatan di air, bisa mencoba snorkeling atau diving di sekitar Pulau Segajah. Di sini ada spot diving Karang Pasilan yang tak hanya menyajikan keindahan terumbu karang dan biota laut, tapi Sobat Turisian bisa menyaksikan fenomena Gelembung Abadi.

Jadi di dasar lautnya, Sobat Turisian bisa melihat gelembung air dari sela-sela terumbu karang yang tak pernah berhenti. Seperti yang sering kita lihat di aquarium. Gimana, menarik kan Sobat Turisian?

3. Perkampungan Terapung Bontang Koala
Perkampung Bontang Koala
Perkampung Bontang Koala.

Selain destinasi wisata alam, Kota Bontang juga memiliki tempat wisata perkampungan di atas air yang menarik Sobat Turisian datangi. Perkampungan terapung di atas air ini bernama Bontang Kuala, yang menjadi pelopor desa wisata di Kaltim.

Bontang Koala berisikan beberapa kepala rumah tangga dengan pekerjaan utama sebagai nelayan di perairan sekitarnya. Rumah-rumahnya dibangun di atas air dengan konstruksi bangunan yang sangat aman dan kuat. Tidak hanya mampu menampung rumah secara kokoh, tetapi juga bisa dipakai untuk kendaraan bermotor.

Tidak seperti kampung nelayan pada umumnya yang kumuh dan kotor, kampung di Bontang ini justru sangat bersih dan terawat. Para pengunjung pun diharap mampu menjaga kebersihan yang terjaga baik oleh masyarakat sekitar.

Baca juga: Bontang Kuala, Pelopor Desa Wisata di Kalimantan Timur

Limbah rumah tangga pun tidak akan tampak di sekitar rumah karena para penghuninya juga memiliki tambak terapung kecil di halaman rumah. Sobat Turisian bisa melihat ikan-ikan di perairan dengan sangat mudah.*

 

 

Sumber & Foto: Dispopar Kota Bontang

Pos terkait