Berenang di Pemandian Cikoromoy Pandeglang, Airnya Bening dan Menyegarkan

Pemandian Cikoromoy Pandeglang
Pemandian Cikoromoy di Pandeglang, Banten dengan air yang jernih. (Source: Disbudpar Banten)

TURISIAN.com – Pandeglang, Banten menyimpan surga tersembunyi berupa pemandian atau kolam dengan air alami yang bening. Namanya Pemandian Cikoromoy, dengan air bersumber dari mata air yang dulunya berada di tengah hutan belantara dengan pepohonan tinggi dan besar.

Sobat Turisian bisa datang ke sini untuk mencoba berenang di air yang menyegarkan tersebut. Saking jernihnya, Sobat Turisian bisa melihat dasar kolamnya dari atas. Saat berenang jangan lupa Sobat Turisian mengambil foto di dalam air, jamin hasilnya pasti keren dan instagenik banget buat koleksi foto di medsos.

Selain pesona kolam, Cikoromoy juga menyajikan pemandangan persawahan sekitar yang hijau nan eksotis. Berwisata ke destinasi wisata Pandeglang ini juga lebih asyik Sobat Turisian datang bersama keluarga di kala libur akhir pekan atau hari libur besar lainnya.

Setelah sibuk dan penat dengan rutinitas sehari-hari, maka akhir pekan Sobat Turisian wajib berlibur ke Pemandian Cikoromoy. Tempat yang cocok untuk melepas kepenatan dan membuat tubuh dan pikiran fresh kembali.

Fungsi Pemandian Cikoromoy

Selain sebagai tujuan wisata, Cikoromoy telah lebih dulu menjadi sumber air bagi masyarakat sekitar untuk keperluan sehari-hari. Juga berfungsi untuk mengairi sawah dan menjadi sumber air yang digunakan PDAM Pandeglang untuk penyaluran ke seluruh wilayah perumahan yang ada di Pandeglang. Meski banyak digunakan dari dulu, namun air di tempat ini tak pernah surut.

Baca juga: Bukit Waruwangi Serang, Wisata Kekinian Banten yang Sejuk Bikin Betah

Konon ceritanya, sumber mata air ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu atau pada zaman kolonial Belanda. Sejak tahun 1975 sumber ini dialokasikan warga untuk kehidupan sehari-hari. Seiring berjalannya waktu, banyak pengunjung yang berenang hingga lama-lama ramai dan menjadi objek wisata.

Kini Pemandian Cikoromoy selalu ramai wisatawan terutama pada akhir pekan atau pada hari-hari libur panjang. Tiket masuk ke tempat wisata Banten ini pun sangat terjangkau.

Kuliner & Objek Wisata Lain Sekitar Cikoromoy

Setelah puas berenang atau mandi di pemandian ini, Sobat Turisian bisa beristirahat sembari menikmati sajian menu makanan enak di warung-warung makan sekitar lokasi. Ada menu ikan bakar lezat, lengkap dengan sambal dan juga lalapannya yang cocok dilahap sehabis berenang.

Baca juga: Tasikardi, Danau Buatan Peninggalan Kejayaan Kasultanan Banten!

Usai mengisi perut, Sobat Turisian bisa melanjutkan perjalanan wisata ke objek Batu Quran yang unik. Tempatnya tak jauh kok dari Pemandian Cikoromoy.

Lokasi Pemandian Cikoromoy Pandeglang

Destinasi wisata Cikoromoy hanya berjarak 15 km dari Kota Pandeglang menuju arah Mandalawi. Tepatnya berlokasi di Desa Kadubungbung, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, Banten.*

 

Pos terkait