Mesti Coba! 6 Kuliner Khas Kalimantan Selatan yang Otentik dan Lezat

Kuliner Khas kalimantan Selatan
Ketupat Kandangan. (source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Berwisata ke suatu daerah di Indonesia tak lengkap rasanya jika tak mencicipi kuliner khasnya. Dengan aneka macam, bentuk, dan cita rasa berbumbu otentik yang menggugah selera. Seperti kuliner khas Kalimantan Selatan yang banyak macamnya dan wajib dicoba.

Berikut ini ada 6 kuliner khas Kalimantan Selatan (Kalsel) yang mesti dicoba saat Sobat Turisian berkunjung ke daerah ini nanti!

Ketupat Kandangan

Kuliner khas Kalsel ini memiliki nama sesuai nama daerah asalnya, yaitu Kandangan. Keunikan Ketupat Kandangan cita rasanya sangat gurih karena kuahnya bersantan. Bahkan level santannya, di atas lontong atau ketupat sayur Betawi atau Padang. Santannya jauh lebih kental.

Warga Banjar, Kaliman Selatan, biasa menikmati ketupat Kandangan dengan ikan asap haruan atau gabus. Satu porsi Ketupat Kandangan biasa dijual dengan harga antara Rp20.000 hingga Rp25.000.

Soto Banjar

kuliner khas kalimantan selatan

Nah kalau kuliner yang satu ini, namanya paling populer di antara yang lainnya. Penjual Soto Banjar sudah menyebar luas ke berbagai daerah di Indonesia.

Ciri khas dari soto khas Kalsel ini, aroma kuahnya kuat yang berasal dari aneka rempah. Seperti kayu manis, biji pala, cengkih, bunga lawang, dan kapulaga. Ada dua varian kuah, satu bening dan satu lagi agak keruh. Warna keruh tersebut biasanya hasil dari campuran kentang rebus halus.

Baca juga: Cicipi Kelezatan Aneka Kuliner Khas Mandalika Lombok

Satu porsi soto Banjar berisi ketupat, suwiran daging ayam, irisan telur bebek, wortel, soun, dan perkedel. Agar lebih sedap, bisa menambahkan perasan jeruk nipis, sambal, dan kecap sesuai selera.

Jika Sobat Turisian berkunjung ke Kalsel, wajib coba Soto Banjar di Kawasan Wisata Kuliner Banua Anyar. Di sana, kisaran harga per porsi Soto Banjar antara Rp20.000 – Rp30.000.

Ikan Bakar khas Kalsel

kuliner khas kalimantan selatan

Ikan bakar masuk list wajib kuliner khas Kalimantan Selatan yang akan dicoba. Khususnya menu ikan bakar khas di Banjarmasin. Salah satu rekomendasi tempatnya ada di Kawasan Wisata Kuliner Banua Anyar.

Pos terkait