Cicipi Kelezatan Aneka Kuliner Khas Mandalika Lombok

Kuliner khas Lombok
Ayam taliwang

TURISIAN.com – Nama Mandalika Lombok kini sedang tenar hingga ke mancanegara, pasalnya memiliki sirkuit yang menjadi arena ajang MotoGP. Selain sirkuit, juga menyimpan potensi wisata yang besar, termasuk khazanah kuliner khas Mandalika Lombok.

Kuliner khas Mandalika Lombok tersebut beraneka macam dengan cita rasa yang maknyus. Bahkan beberapa diantaranya sudah dikenal dunia. Mulai camilan hingga makanan berat juga ada.

Berikut ini ada 5 kuliner khas Mandalika Lombok yang wajib dicoba kala berlibur ke sana. Apalagi dinikmati sebelum atau sesudah menonton MotoGP Mandalika secara langsung, sungguh pengalaman yang tak terlupakan.

Nasi Balap Puyung

kuliner khas lombok

Wisata kuliner khas Mandalika Lombok, kita mulai dari menu sarapan khas masyarakat setempat, yaitu Nasi Balap Puyung. Sepintas tampilannya mirip nasi kucing atau nasi rames di daerah Jawa.

Hidangan yang juga sering disebut nasi puyung ini, menyajikan nasi putih dengan suwiran ayam goreng yang khas dalam satu porsinya. Lalu dilengkapi taburan abon pedas, sambal, kacang kedelai goreng, kelapa parut, dan tumis sayur kacang panjang atau buncis.

Sate Bulayak

kuliner khas lombok

Sate Bulayak menjadi salah satu kuliner khas Lombok yang wajib dicoba kelezatannya. Cita rasa sate ini memadukan daging dengan bumbu penuh rempah. Bumbunya berbahan utama kacang tanah sangrai yang dimasak bersama santan. Sehingga menghasilkan cita rasa seperti bumbu kari.

Baca juga: Ragam Sate dari Lima Daerah di Jawa Tengah

Bumbu itulah yang menjadi pembeda dengan sate lainnya. Lebih nikmat lagi, menyantap sate bulayak bersama lontong yang dibungkus daun aren.

Sayur Ares

kuliner mandalika

Sayur Ares merupakan hasil kreativitas masyarakat Lombok yang terkenal pintar mengolah bahan tumbuhan yang tak umum dikonsumsi khalayak. Masakan khas yang satu ini dibuat dari pelepah pisang atau batang muda pohon pisang.

Dimasak dengan campuran santan bumbu merah serta tulang atau daging ayam. Sayur yang juga sering disebut jukut ares ini, biasa disantap saat musim hujan untuk menghangatkan tubuh.

Ayam Rarang

makanan khas mandalika

Olahan ayam rarang memiliki cita rasa pedas. Dengan bumbu pedas yang dibuat dari sambal goreng cabai rawit atau dikenal juga sebagai bumbu plecing oleh masyarakat lokal.

Selain bumbu pedas merah merona nan lezat, ayam rarang pun menggunakan jenis ayam kampung sebagai bahan utamanya. Sehingga dagingnya mempunyai rasa yang gurih, nikmat, dan tak banyak lemak.

Ayam Taliwang

Hidangan yang terakhir ini, menjadi salah satu kuliner khas Lombok yang paling populer. Ayam taliwang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Kelezatannya berasal dari perpaduan daging ayam yang dibakar dengan bumbu tradisional yang khas.

Baca juga: 14 Wisata Kuliner Surabaya Terpopuler yang Enak dan Murah, Bikin Ketagihan

Kombinasi rasa pedas manis dengan aroma rempah yang melimpah, membuat ayam taliwang bikin ketagihan kala disantap. Saking sedapnya, para turis asing sangat menyukai kuliner khas Mandalika Lombok ini.*

 

 

Source: indonesia.travel

 

Pos terkait