5 Seni Tradisional Indonesia yang Memukau Dunia

seni tradisional indonesia
Tari Kecak Bali. (istockphoto)

TURISIAN.com – Indonesia dianugerahi banyak warisan seni dan budaya tradisional yang tersebar di berbagai daerah di Nusantara. Salah satunya pertunjukan seni tradisional Indonesia yang memiliki khas daerah asalnya. Beberapa diantaranya cukup memukau dunia karena keunikannya.

Pertunjukan seni tradisional Indonesia yang umum dan sering dipentaskan hingga sekarang. Diantaranya tari, wayang, teater, permainan tradisional, musik tradisional, seni ketangkasan, dan lainnya. Semuanya rata-rata membuat wisatawan yang menyaksikannya berdecak kagum, apalagi para turis asing.

Berikut ini ada 5 pertunjukan seni tradisional Indonesia yang telah memukau dunia dengan segala keunikan dan ciri khasnya. Bahkan sebagian besar sudah tercatat sebagai Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO.

1. Pencak Silat

Pencak silat termasuk salah satu seni pertunjukan tradisional Indonesia yang memukau dunia. Seni bela diri ini memiliki seluruh elemen yang membentuk warisan budaya Indonesia.

Dengan kelengkapan elemen warisan budaya tersebut, mendorong pencak silat masuk ke deretan ICH UNESCO. Pencapaian yang membanggakan ini, juga turut membawa nama baik Indonesia di dunia internasional.

2. Angklung

Seni berikutnya yakni pertunjukan angklung asal Jawa Barat yang juga memukau dunia. Alat musik tradisional berbahan bambu ini, dimainkan dengan cara digoyang. Keberadaannya kini mulai dikenal warga dunia. Pasalnya pada 2010, angklung berhasil tercatat dalam “Daftar Warisan Budaya Tak Benda” UNESCO.

Di sejumlah wilayah di Jawa Barat, angklung masih banyak dilestarikan dan dipentaskan. Seperti di Kota Bandung, ada sanggar seni angklung Saung Udjo yang cukup tenar. Sanggar ini juga yang menjadi salah satu penyebar keindahan harmoni getaran bambu tersebut, hingga ke belahan dunia lainnya.

3. Tari Kecak

Tari Kecak menjadi salah satu pertunjukan seni tradisional yang sudah beken hingga ke mencanegara sejak lama. Tarian ini biasanya dipentaskan sebagai pelengkap atraksi dalam wisata rohani dan budaya di Pulau Dewata.

Kemunculan Tari Kecak berawal sebagai ritual kuno Bali yang disebut sebagai Sanghyang. Bertujuan untuk mengusir roh jahat. Namun seiring perkembangan zaman, Tari Kecak tidak hanya menjadi ritual adat, melainkan menjadi seni pertunjukan tradisional yang dikemas menjadi drama musikal yang indah.

Pertunjukan sendratari ini mengisahkan pewayangan Ramayana yang banyak diminati wisatawan dalam dan luar negeri. Keunikan yang menjadi ciri khasnya, yaitu perpaduan iringan suara musik gamelan dan gerakan tangan dengan suara “Cak! Cak! Cak!” dari 50-70 orang penarinya.

4. Tari Barong

Seni pertunjukan tradisional selanjutnya juga masih dari Bali, Tari Barong. Sejak lama, tarian ini pun telah memukau dunia. Bahkan pementasannya di daerah Gianyar, Bali sudah dikenal wisatawan mancanegara sejak 1930 silam.

Dalam pementasannya, Tari Barong menampilkan dua orang penari yang lincah dengan gerakan yang kompak. Di dalam kepercayaan Bali, tarian ini menampilkan tokoh Barong berwujud singa yang dianggap sebagai Raja Roh dan dikenal sebagai malaikat pelindung. Sementara itu, ada tokoh Rangda yang dikenal sebagai Ratu Iblis dan menjadi lawan Barong.

5. Pertunjukan Ramayana

Yogyakarta tak mau ketinggalan, daerah yang sohor dengan wisata budayanya ini, juga memiliki pertunjukan tradisional yang memukau. Dikenal sebagai pertunjukan seni drama dan tari (sendratari) Ramayana atau Ramayana Ballet.

Biasa digelar di tempat yang juga termasuk populer di dunia, candi Hindu terbesar di Asia Tenggara pula. Tepatnya Candi Prambanan. Di sanalah tarian kolosal ini dipentaskan dengan menampilkan lebih dari 200 penari serta para pemain gamelan tradisional.

Berbeda dengan seni pertunjukan lainnya, Sendratari Ramayana menampilkan tarian dan drama tanpa dialog. Kerennya, penampilan Sendratari Ramayana berhasil memukau Raja dan Ratu Belanda Willem-Alexander dan Maxima Zorreguieta Cerruti, saat berkunjung ke Prambanan pada Maret 2020 lalu.*

Pos terkait