Tamasya ke Kampoeng Ladang, Pusat Wisata Budaya Sumedang

Kampoeng Ladang Sumedang
Kampoeng Ladang Sumedang, Jabar. (Source: Pemkab Sumedang)

TURISIAN.com – Tamasya ke Kampoeng Ladang atau Ladang View sangat menarik buat Sobat Turisian yang senang mengenal budaya tradisional. Sebab tempat ini merupakan pusat wisata budaya Sumedang, Jawa Barat. Tentunya bakal banyak sajian atraksi budaya dan kearifan lokal yang bisa kalian nikmati di sini.

Tempat ini berupaya bersama masyarakat setempat untuk mempertahankan dan melestarikan budaya dan tata cara tradisional Sunda, khususnya budaya dan tradisi Sumedang. Lokasinya terletak di puncak Pasir Peti, Desa Marga Laksana, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Kampoeng Ladang atau Ladang View mengusung konsep untuk memperkenalkan budaya pertanian Sunda, khususnya Sumedang. Lalu tradisi serta seni yang semakin lama terkikis oleh budaya asing.

Dengan mengambil moto “Kearifan Lokal di Tengah Budaya Global”. Artinya, bahwa kemajuan teknologi dan informasi yang tidak melupakan unsur-unsur budaya dan tradisi. Sehingga tidak mengubah jati diri sebagai bangsa yang arif dan berbudaya.

Dalam setiap kegiatannya, Kampoeng Ladang lebih mengutamakan unsur tradisi dan budaya tanpa melepaskan diri dari kemajuan teknologi dan informasi. Letaknya yang berada di atas perbukitan sebelah barat daya kota Sumedang, juga menyuguhkan pemandangan panorama alam nan indah terhampar luas di sebelah utaranya.

Baca juga: Keindahan Waduk Jatigede Sumedang Saat Ini, Ada apa Saja?

Dari Ladang View tersebut, Sobat Turisian juga dapat melihat pemandangan kota Sumedang dan pegunungan, seperti Gunung Tampomas dengan jelas. Bahkan dapat pula melihat Gunung Ciremai yang berada di luar Sumedang.

Letak Kampoeng Ladang yang hanya 3 km dari Alun-alun Sumedang, jadi cukup mudah Sobat Turisian untuk mengaksesnya. Dari Alun-alun, kalian tinggal melewati jalan utama yang menuju ke arah Bandung.

Lalu tepat di pertigaan yang masuk ke SMP 7 Sumedang, belok ke kiri searah dengan jalan ke SMP 7 Sumedang. Dari situ Sobat Turisian mesti menyusuri jalan menanjak sekitar 1 km hingga tiba di kampung tersebut.

Kawasan Kampoeng Ladang merupakan lahan pertanian yang ditanami dengan palawija seperti jagung, sayuran dan kacang-kacangan. Sehingga di sini Sobat Turisian dapat menikmati suasana pedesaan dan berinteraksi secara langsung dalam penanaman palawija. Lalu pemupukan dan panennya serta ikut menikmati hasil panen bersama petani setempat.

Fasilitas Pendukung Wisata

Tersedia pula berbagai fasilitas pendukung yang membuat pengunjung betah dan nyaman. Seperti lapangan yang luas, area parkir, tempat bermain yang menyenangkan, dan sebagainya. Membuat kampung wisata cocok sebagai tujuan wisata keluarga.

Baca juga: Curug Gorobog, Air Terjun yang Cantik dan Memukau di Sumedang Selatan

Sobat Turisian juga bisa memilih paket wisata yang tersedia di Kampoeng Ladang. Di antaranya wisata budaya, wisata desa, outbond, camping ground, dan dapur hawu. Kalian tinggal pilih paket mana yang cocok untuk menikmatinya bersama keluarga atau teman.*

Pos terkait