Selain Waduk Jatigede, Ini 5 Spot Wisata Menarik di Sumedang

Waduk Jadigede
Tanjung Duriat, salah satu spot wisata yang ada di sekitar waduk Jatigede, Sumedang. Foto-foto: Turisian.com/Duta Ilham

Waduk Jatigede4
waduk Jatigede3
Waduk Jatigede2
Waduk Jatigede
waduk Jatigede1
Waduk Jatigede4 waduk Jatigede3 Waduk Jatigede2 Waduk Jatigede waduk Jatigede1

TURISIAN.com – Jalan-jalan ke Kota Tahu Sumedang, Jawa Barat jangan lupa mampir ke waduk Jatigede.

Tapi, taukah Sobat Turisian, selain bendungan Jatigede ternyata daerah ini juga memiliki spot wisata lainnya yang juga tidak kalah menarik.

Waduk Jatigede memang salah satu spt favorit wisatawan. Ini karena daerahnya yang memiliki cekungan indah, dan air danaunya yang terlihat membiru saat musim panas.

Bendungan terbesar di Indonesia bahkan kawasan Asia Tenggara ini juga juga memiliki akses jalan yang cukup baik.

BACA JUGA: Jatinangor Nasional Flower Park bakal Menjadi Kawasan Wisata Unggulan Sumedang

Sehingga pengunjung, tidak perlu khawatir. Bahkan, wisatawan bisa berjalan mulus sampai ke Waduk Jatigede di Cijeungjing, Kecamatan Jatigede dengan tiket masuk hanya Rp.5000 saja.

Berikut 5 rekomendasi Objek Wisata di kawasan pesisir Waduk Jatigede.

1.Wisata Panenjoan atau Mesjid Al Kamil

Wisata Panenjoan Jatigede atau sekarang yang menjadi lokasi Mesjid Al Kamil mudah diakses. Karena terletak di pesisir timur Waduk Jatigede, atau tepatnya di Desa Jemah Kecamatan Jatigede.

Mesjid Al Kamil ini merupakan hasil dari desain dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang dibangun memukau dan menarik perhatian wisatawan. Para pengunjung juga dapat pengunjung dapat melihat pemandangan indahnya hamparan bendungan Jatigede yang dihiasi beberapa pulau kecil dari ketinggian.

BACA JUGA: Punya Nama Asep, Gratis Masuk Wisata Sumedang, Plus 50 Persen Diskon Nginap

2.Wisata Tanjung Duriat

Wisata ini menjadi rekomendasi wisata alam lainnya di pesisir Waduk Jatigede. Dari lokasi ini wisatawan dapat juga melihat indahnya pemandangan Waduk Jatigede dari atas bukit yang menjorok ke arah bendungan (tanjung).

Ciri khas dari wisata Tanjung Duriat ini adalah papan penanda (signboard) Tanjung Duriat dengan ikonnya berbentuk logo cinta (love). Tak hanya itu, di sini juga ada papan nama bendungan Jatigede yang berukuran raksasa yang cocok digunakan untuk swafoto dengan latar hamparan air bendungan Jatigede yang indah.

Akses Menuju Wisata Tanjung Duriat

Untuk sampai ke Wisata Tanjung Duriat, kalian bisa menggunakan jalur Situraja – Pajagan ataupun melewati jalur Tomo – Jatigede.

Selain untuk swafoto, para wisatawan juga bisa menikmati kuliner dari warung-warung yang siap menyajikan makanan khas Sunda. Ditambah menu ikan bakar dari ikan yang dihasilkan dari Waduk Jatigede.

Bagi kalian yang ingin berkemah di Tanjung Duriat juga tersedia camping ground, serta fasilitas penunjang lainnya seperti tempat parkir, toilet dan mushola.

BACA JUGA: Curug Gorobog, Air Terjun yang Cantik dan Memukau di Sumedang Selatan

3.Wisata Tegal Jarong

Wisata ini berada di pesisir utara bendungan Jatigede dan termasuk wilayah Desa Cijeungjing. Adapun yang ditawarkan di sini adalah wisata panorama bendungan Jatigede yang bisa digunakan sebagai tempat swafoto (selfie) dan perahu wisata yang mengantarkan pengunjung untuk berkeliling di bendungan Jatigede

Selain itu, kelebihan dari lokasi wisata Tegal Jarong ini adalah lokasinya yang tidak jauh dari bangunan bendungan Jatigede. Dari Tanjung Duriat ini wisatawan dapat melihat dari dekat bendungan Jatigede.

Wisata yang dikelola oleh Karang Taruna dan warga masyarakat sekitar ini terus dikembangkan baik sarana dan prasarananya. Sehingga tak salah bila lokasi ini jadi rekomendasi bagi kalian yang ingin berlibur di sekitar Waduk Jatigede.

BACA JUGA: Rekreasi ke Tahura Gunung Kunci Sumedang yang Menyimpan Peninggalan Belanda

Wahana Wisata

4.Kampung Buricak Burinong

Objek Wisata ini terletak di Dusun Cisema Desa Paku Alam yang terus mendapatkan pengembangan. Karena wilayahnya yang berada di pesisir Waduk Jatigede. Sehingga layak dijadikan rekomendasi tujuan wisata ke Sumedang.

Selain mengandalkan indahnya hamparan air di pesisir Waduk Jatigede. Kampung Buricak Berenang telah tersedia beberapa wahana kuliner keluarga dengan menu khas ikan bakar dan nasi liwet khas Sunda.

Pada awalnya, lokasi ini memiliki keunggulan dari segi bangunan yang disekitarnya yang dicat warna-warni dengan warna yang mencolok, sehingga mengundang perhatian. Ditambah dengan pembangunan spot atau lokasi yang bisa digunakan sebagai tempat swafoto.

Di sekitar lokasi ini juga tersedia sejumlah wahana wisata lainnya, seperti Forest Walk dan tempat Take Off serta landing Paralayang yang menambah kesan indahnya wisata tersebut.

BACA JUGA: Arena Pacuan Kuda Cimaragas Bakal Menjadi Objek Wisata Baru Garut

5.Wisata Puncak Damar

Tempat wisata ini juga masih berada di sekitar pesisir Waduk Jatigede yang menyajikan keindahan hamparan Waduk dan pulau kecil yang menghiasinya.

Sejumlah fasilitas yang bisa digunakan oleh wisatawan seperti tempat lesehan di beberapa shelter, Gazebo, Camping Ground, Outbound dan tempat bermain anak-anak, yang terbuat dari bahan kayu sehingga menambah kesan alami.

Objek wisata ini tidak jauh dari kawasan Buricak Burinong. Sehingga bisa diakses melalui jalan kawasan hutan dan jalan Desa Paku Alam – Situraja. ***

Pos terkait