Curug Gorobog, Air Terjun yang Cantik dan Memukau di Sumedang Selatan

Curug Gorobog Sumedang
Curug Gorobog Sumedang dengan suasana masih alami. (Source: Kompepar Sumedang Selatan)

TURISIAN.com – Sumedang yang terkenal sebagai pusat budayanya Sunda atau Puser Budaya Sunda, juga menyimpan banyak objek wisata alam yang menarik. Seperti Curug Gorobog yang cantik di Sumedang Selatan. Sobat Turisian wajib datang ke sini!

Curug Gorobog banyak yang menyebutnya sebagai hidden gem Sumedang. Sebab suasananya masih “perawan” atau sangat alami dan tersembunyi. Jauh dari kesan ramai, tenang, dan berhawa sejuk bakal bikin nyaman dan betah saat berkunjung ke tempat ini.

Destinasi wisata alam Sumedang ini tak hanya menyuguhkan kesegaran dan keindahan air terjun, tapi juga pemandangan alam sekitarnya berupa hutan nan asri dengan udara sejuk. Lokasinya pun berdekatan dengan hamparan hijau perkebunan teh.

Oh iya, tinggi Curug Gorobog sendiri sekitar 40 meter dengan tiga tingkatan jatuhan air. Menariknya lagi, tingkatan alami itu bisa didaki. Namun Sobat Turisian harap berhati-hati jika ingin mencoba mendaki.

Berenang atau sekadar bermain di kolam jatuhan air terjun yang segar bisa menjadi pilihan bagi Sobat Turisian. Lanskap alamnya yang indah juga sangat cocok untuk kegiatan fotografi. Jangan lupa swafoto dengan latar air terjun yang eksotik.

Baca juga: Rekreasi ke Tahura Gunung Kunci Sumedang yang Menyimpan Peninggalan Belanda

Tak jauh dari air terjun di Sumedang ini, ada beberapa tempat wisata yang juga menarik. Hingga tak heran saat libur panjang seperti Lebaran, objek wisata ini ramai pengunjung.

Mayoritas pengunjung datang ke curug tersebut karena penasaran. sekalian mereka berwisata ke Kampung Karuhun yang ada di bawah sebelum lokasi curug. Atau perkebunan teh yang terletak di sebelah atas curug ini.

Lokasi & Rute ke Curug Gorobog Sumedang

Air terjun cantik ini terletak di jalur menuju Margawindu, Desa Citengah, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Sumedang.

Untuk menuju ke Curug Gorobog, Sobat Turisian bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat ataupun ojeg. Rutenya dari Alun-alun Sumedang bergerak ke arah timur menyusuri Jalan R.A. Kartini menuju ke daerah Citengah di sebelah selatan kota Sumedang.

Kemudian dari Citengah Sobat Turisian lanjutkan ke arah pegunungan Margawindu. Sebelum memasuki perkebunan teh Margawindu, terlihat gerbang di sebelah kiri jalan. Dari jalan raya itu tinggal menyusuri jalan kecil sekitar 500 meter menuju curug.

Baca juga: Curug Putri Palutungan Kuningan yang Indah, Tempat Singgahnya Bidadari

Sedikit tips, jika menggunakan kendaraan pribadi pastikan dalam kondisi prima dan bahan bakar cukup, karena akses jalannya berkelok-kelok menanjak. Namun kondisi jalannya beraspal dan masih cukup baik.*

 

 

 

 

Pos terkait