Indonesia-Singapura Perkuat Kerjasama Konekvitas Digital

Indonesia-Singapura perkuat kerjasama
Menparekraf Sandiaga Uno melakukan pertemuan dengan Menkominfo Singapura Josephine Teo di Ritz Carlton Hotel Singapura, Rabu 1 Juni 2022. Dalam kesempatan tersebut dibahas soal kerja sama kedua negara. (Dok.Kemenparekraf)

TURISIAN.com – Indonesia-Singapura perkuat kerjasama konektivitas digital hingga digitalisasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Penjajakan kerja sama kedua negara tersebut dilakukan antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Singapura.

“Dalam pertemuan ini membahas tentang pentingnya konektivitas terutama saat G20. Dan saya mempromosikan pula tentang destinasi pariwisata Indonesia. Dengan 5 destinasi pariwisata berkualitas, sekaligus perlunya ditunjang infrastruktur konektivitas yang baik,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno seperti dikutip Turisian.com dari laman resmi Kemenparekraf, Kamis 2 Juni 2022.

BACA JUGA: Optimistis Sandiaga Uno Soal Pariwisata Bangkit, Apa Katanya?

Sandaga Uno sendiri dalam kunjungan kerjanya ke Singapura, telah melakukan pertemuan dengan Menkominfo Singapura Josephine Teo di Ritz Carlton Hotel Singapura pada, Rabu 1 Juni 2022.

Sandiaga Ucapkan Terima Kasih

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga sekaligus menyatakan terima kasih kepada Menteri Teo karena telah mengundang dalam forum Asia Tech x Singapore (ATxSG) 2022.  Dalam forum ini  membahas tentang potensi Metaverse bagi sektor parekraf.

Pada pertemuan tersebut juga membahas terkait penanganan pandemi COVID-19 oleh Pemerintah Singapura sangat mengapresiasi upaya Indonesia.

BACA JUGA: Kota Batam Dibanjiri Wisatawan Asal Singapura dan Malaysia

Khususnya, dalam menstabilkan kondisi  pandemi terutama dalam kaitannya dengan mobilisasi turis domestik. Indonesia-Singapura perkuat kerjasama ini dalam kaitan untuk  mempercepa kebangkitan sektor pariwisata.

“Ini merupakan waktu untuk start the engine dan kami fokus untuk mengembangkan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan. Kami juga terus membangun skill digital bagi SDM agar ada peningkatan upskilling and reskilling dalam digital skill,” kata Sandiaga.

Menkominfo Singapura Josephine Teo mengatakan Indonesia merupakan pemain penting dan negara besar pada  kawasan Asia Tenggara.

BACA JUGA: Pembukaan Perbatasan Indonesia-Singapura, Ini Point Kesepakatannya

“Saya akan ke Indonesia untuk hadir dalam G20 side event AVPN, wellness tourism, WCCE, dan WTD,” katanya.

Ia menyambut baik dan berharap kerja sama kedua negara pada  bidang peningkatan skill digital dan konektivitas semakin erat dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Pada kesempatan itu, mendampingi Menparekraf  Sekretaris Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani; Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf Nia Niscaya; Direktur Hubungan Antar Lembaga Kemenparekraf Iman Santosa;

Hadir juga Kepala Biro Komunikasi, Kemenparekraf I Gusti Ayu Dewi Hendriyani; dan Kepala Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Singapura, Ratna Lestari. ***

Pos terkait