Pembukaan Perbatasan Indonesia-Singapura, Ini Point Kesepakatannya

Pembukaan Perbatasan Indonesia-Singapura
Pertemuan delegasi Indonesia-Singapura dalam pembahasan pembukaan perbatasan Indonesia-Singapura. (Dok.Kemenparekraf)

TURISIAN.com – Wisatawan asal Singapura kembali bisa plesiran ke Indonesia menyusul pembukaan perbatasan Indonesia-Singapura yang telah disepakati.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Sandiaga Salahuddin Uno, menemui Duta Besar Singapura untuk Indonesia, Anil Kumar Naya, untuk membahas sejumlah hal terkait persiapan pembukaan perbatasan Indonesia-Singapura.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di Radisson Golf & Convention Center Batam, Kepulauan Riau, Kamis 31 Maret 2022 itu, Sandiaga mengatakan ada sejumlah poin yang disepakati antara Indonesia dan Singapura. Utamanya,  terkait rencana pembukaan perbatasan kedua negara.

“Kami mendiskusikan langkah-langkah strategis. Bagaimana kita bisa menghadirkan kebijakan yang memberikan kemudahan untuk masyarakat Singapura dan Batam dalam bepergian. Terutama untuk membangkitkan ekonomi,” kata Sandiaga, kemarin.

BACA JUGA: Saat Pandemi Kondusif, Sandiaga Uno Optimis Indonesia Datangkan Jutaan Turis

Salah satu langkah untuk menarik kedatangan wisatawan asal Singapura tersebut, lanjut Sandiaga, adalah dengan menghadirkan event-event yang berkualitas di Kepulauan Riau, khususnya di Batam.

“Event ini nanti akan kita bingkai dalam Kharisma Event Nusantara. Ada beberapa program dan kegiatan event di antaranya Wonderfood Art & Bazaar Ramadhan, Kenduri Seni Melayu, dan juga akan ada beberapa kegiatan di Bintan dan kami kolaborasikan dengan komunitas,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Sandiaga menyebutkan kedua belah pihak telah sepakat untuk menghapus pembatasan kuota kunjungan wisatawan Singapura ke Indonesia.

BACA JUGA: Nih Dua Resort di Batam yang Menawan, Pas Buat Liburan Kamu!

“Kuota (kunjungan wisatawan Singapura ke Indonesia) sudah tidak diberlakukan,” kata Sandiaga.

Pertemuan ini dihadiri oleh Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf sekaligus Plt Deputi Bidang Pemasaran, Ni Wayan Giri Adnyani; Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya.

Kemudian juga terlihat hadir, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu; Deputi Bidang Produk Digital dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam; Direktur Hubungan Antarlembaga Kemenparekraf/Baparekraf, Iman Santosa; dan Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata Dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Edy Wardoyo.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir pula Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo. ***

Pos terkait