Curug Putri Palutungan Kuningan yang Indah, Tempat Singgahnya Bidadari

Curug Putri Palutungan Kuningan
Curug Putri Palutungan Kuningan. (source: Disparbud Jabar)

TURISIAN.com – Curug Putri Palutungan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat diyakini sebagai tempat singgahnya bidadari. Mirip seperti suasana dalam kisah legenda Jaka Tarub yang bertemu bidadari.

Seketika setelah hujan di siang hari, kerap muncul pelangi di atas curug. Pelangi inilah yang membuat masyarakat lokal dulu yakin, hal itu menandakan turunnya bidadari dari khayangan.

Mitos lainnya menyebutkan, bahwa air curug di Kuningan ini berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Hingga banyak pengunjung yang memanfaatkan air ini di waktu-waktu tertentu.

Di luar mitos tersebut, curug setinggi 20 meter ini memang memiliki pemandangan alam yang memesona. Suasananya yang asri dan hawa sejuk akan membuat Sobat Turisian betah menghabiskan waktu di Curug Putri Palutungan ini.

Objek air terjun tersebut berada di kawasan hutan di kaki Gunung Ciremai. Lokasinya di Cisantana, Kecamatan Cigugur, berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Kuningan.

Daya Tarik & Fasilitas Wisata Curug Putri

Di sini, selain menikmati keindahan curug, Sobat Turisian juga bisa mencoba rafting dan bermalam dengan mendirikan tenda di camping area yang tersedia. Aktivitas berburu foto juga menarik dilakukan di tempat ini, banyak spot fotogenik dan instagenik.

Baca juga: Menikmati Keseruan 6 Aktivitas Wisata di Desa Wisata Cibuntu

Sobat Turisian pun bisa menikmati bersantai di atas hammock di area pepohonan rindang. Di sana sudah tersedia penyewaan hammocknya. Jangan lupa untuk selfie saat berada di atas hammock. Pastikan gaya selfinya yang wajar tak berlebihan.

Tak hanya foto-foto di atas hammock, tempat wisata Kuningan ini juga menyediakan spot foto keren lainnya. Spotnya berlatar tebing yang menakjubkan. Namun untuk berfoto di sini, Sobat Turisian harus bayar sekitar Rp.20.000.

Meski harus membayar lagi untuk bisa berfoto di tebing, namun hasilnya setimpal kok! Berfoto di tebing ini, akan membuat Sobat Turisian benar-benar menyatu dengan alam dan tentu hasil fotonya juga instagenik banget.

Destiasi wisata hits di Kuningan ini juga sudah memiliki fasilitas penunjang wisata yang memadai. Seperti gazebo, toilet, musalla, area parkir, papan petunjuk, instalasi air bersih, shelter, tempat sampah, bangku, dan lainnya.

Harga Tiket Curug Putri Palutungan

Untuk masuk ke tempat wisata Curug Putri Palutungan, Kuningan, Jawa Barat, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sesuai tinggkatan usia. Berikut rincian harga tiket masuknya, yaitu:

  1. Tiket Masuk Hari Biasa
  • Anak-anak: Rp5.000
  • Dewasa: Rp15.000
  1. Tiket Masuk Hari Libur
  • Anak-anak: Rp8.000
  • Dewasa: Rp17.500
  1. Tiket Berkemah
  • Umum: Rp20.000
  • Pelajar: Rp18.000

Baca juga: Rasakan Sensasi Canyoneering di Curug Cikondang Cianjur

  1. Tiket Parkir
  • Kendaraan Roda 2: Rp6.000
  • Kendaraan Roda 4: Rp11.000

 

Pos terkait