Rasakan Sensasi Canyoneering di Curug Cikondang Cianjur

Curug Cikondang
Curug Cikondang, Cianjur. (source: Disparbud Jabar)

TURISIAN.com – Aktivitas wisata Canyoneering menjadi cara baru menikmati sebuah curug atau air terjun. Sensasi panjat tebing dengan guyuran air terjun ini bisa Sobat Turisian rasakan di Curug Cikondang Cianjur.

Curug Cikondang kini menjadi salah satu wisata air terjun primadona di Jawa Barat yang terkenal menyimpan banyak wisata curug. Saking mempesonanya, banyak yang menjuluki Cikondang sebagai “Niagara Mini”.

Julukan tersebut muncul karena bentuk Curug Cikondang sepintas mirip dengan air terjun raksasa Niagara yang berada di Amerika Utara. Bentuknya melebar sepanjang 30 meter, dengan tinggi mencapai 50 meter.

Tambah lagi keunikannya, dengan banyaknya beberapa air terjun kecil di bawah Curug Cikondang. Sehingga menambah keindahan air terjun tersebut.

Panorama alam di kawasan sekitar tempat wisata Cianjur ini juga tidak kalah mengagumkan. Sepanjang perjalanan, Sobat Turisian bisa menikmati hamparan perkebunan teh serta rimbunnya pepohonan yang memanjakan mata.

Baca juga: Enam Kebun Raya di Indonesia, Pilihan Tepat Wisata Keluarga

Lokasi air terjun ini berada di Desa Sukadana, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Akses menuju ke sana harus menggunakan kendaraan pribadi. Karena tidak adanya angkutan umum yang langsung menuju curug tersebut.

Destinasi wisata alam Cianjur ini juga sudah memiliki fasilitas penunjang wisata yang cukup memadai. Mulai dari toilet, musala, area parkir, warung kuliner. Tarif masuknya pun sangat ramah di kantong.

Canyoneering di Curug Cikondang
Curug Cikondang
Canyoneering di Curug Cikondang. (source: Disparbud Jabar)

Canyoneering merupakan aktivitas wisata yang seru dan cukup menguji nyali. Olahraga yang tergolong ekstreem ini memang masih belum populer di Indonesia. Namun sudah banyak peminatnya, terlebih lagi saat musim hujan.

Selintas, canyoneering mirip dengan panjat tebing. Bedanya aktivitas olahraga ini dilakukan di bawah derasnya guyuran air terjun.

Makanya, musim penghujan menjadi favorit untuk memanjat, karena debit air terjun yang melimpah. Tantangannya justru terletak pada hambatan derasnya air terjun.

Baca juga: Curug Cipamingkis, Wisata Alam Bogor Pas untuk Liburan Keluarga

Nah, Curug Cikondang di Cianjur ini menjadi slaah satu tempat favorit penyuka canyoneering karena debit airnya cukup deras. Untuk menikmati sensasi seru sekaligus menegangkan dalam canyoneering di Cikondang, Sobat Turisian harus merogoh kocek sekitar Rp.150 ribu per sesi.*

 

Pos terkait