Curug Cipamingkis, Wisata Alam Bogor Pas untuk Liburan Keluarga

Curug Cipamingkis
Curug Cipamingkis Bogor meski tak terlalu tinggi tapi tetap memesona. (Iwan/Turisian)

TURISIAN.com – Curug Cipamingkis menjadi salah satu tempat wisata alam di Bogor, yang pas untuk tujuan liburan keluarga sebelum masuk bulan Ramadan. Atau jadi pilihan wisata libur Lebaran nanti.

Curug atau air terjun yang terletak di Kabupaten Bogor ini, banyak yang mengatakannya sebagai surga tersembunyi. Karena panorama nan indah, letaknya yang jauh dari keramaian, dan suasananya yang menenangkan jiwa.

Cipamingkis tergolong air terjun yang tak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 meter. Namun airnya sangat bening dan menyegarkan. Keindahan semakin bertambah dengan deretan rapi pepohonan pinus yang rindang menghiasi area seluas 16,50 Ha ini. Sehingga memberikan hawa yang sejuk yang membuat malas untuk meninggalkan tempat ini.

Kawasan wisata di Kabupaten Bogor tersebut, pengelolaannya di bawah Perhutani KPH Bogor. Berlokasi di sebuah lembah pegunungan sebelah selatan Jonggol.

Tepatnya di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Berada di ketinggian wilayah sekitar 1100 – 1200 mdpl. Dengan suhu cukup dingin berkisar 20 – 23 derajat Celcius.

Baca juga: Yuk Nikmati 5 Aktivitas Seru di Desa Wisata Tugu Selatan Bogor!

Di sana, Sobat Turisian dapat menikmati pesona curug dari jarak dekat dan mencoba kesegaran airnya dengan berenang  atau bermain air di kolam jatuhan curug. Jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan swafoto atau foto bersama dengan latar air terjun atau spot instagenik lainnya.

Destinasi wisata Bogor ini juga memiliki fasilitas yang cukup memadai. Seperti toilet, area parkir, kedai kuliner, gazebo, musala, dan lainnya.

Untuk menuju ke sana, Sobat Turisian harus menyiapkan kondisi fisik yang fit. Sebab, untuk mencapai titik air terjun, harus berjalan kaki dari area parkir kurang lebih sejauh 300 meter. Dengan kontur jalan menanjak dan turunan berbatu.

Rute Menuju Curug Cipamingkis

Rute menuju Curug Cipamingkis ada dua pilihan rute, bisa memilih jalur via Hanjawar, Cipanas – Puncak atau via Citeureup – Jonggol. Kedua jalur itu dapat ditempuh menggunakan armada roda empat maupun roda dua dengan kondisi yang prima.

Jika berangkat dari Jakarta via Tol Jagorawi dan keluar dari pintu Tol Sentul atau Citeureup. Lalu masuk ke jalan Desa Sentul menuju Sukamakmur – Desa Sukamulya – Desa Wargajaya. Dengan jarak kurang lebih 45 km.

Baca juga: Pesona 5 Air Terjun di Magelang yang Bikin Takjub

Pilihan lain, bisa arahkan perjalanan ke Jalan Jonggol – Cariu melalui Cibubur. Dari Polsek Jonggol ambil rute menuju Dayeuh hingga menemui kota Bunga atau Sentul.

Sementara pilihan rute kedua dapat menempuh jalur lewat Puncak. Lalu arahkan menuju Hanjawar – Loji – Desa Sukawangi melewati Curug Cibeet, Curug Arca, Curug Cisarua. Jalur ini menempuh jarak kurang lebih 34 km.*

Pos terkait