Yuk Nikmati 5 Aktivitas Seru di Desa Wisata Tugu Selatan Bogor!

Desa Wisata Tugu Selatan
Suasana asri sekitar Desa Wisata Tugu Selatan Bogor. (source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Desa Wisata Tugu Selatan berada di kawasan Agrowisata Gunung Mas, yang terletak di Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Selain wisata perkebunan, desa ini juga menawarkan sejumlah aktivitas menarik dan seru.

Berikut ini ada sejumlah aktivitas wisata seru yang bisa dicoba di Desa Wisata Tugu Selatan, Bogor.

Tea walk Gunung Mas

Liburan ke Desa Wisata Tugu Selatan bisa kita awali dengan jalan-jalan menyusuri perkebunan teh atau tea walk di Gunung Mas. Aktvitas seru ini menjadi yang populer dan selalu diminati para pengunjung saat ke Agrowisata Gunung Mas.

Sobat Turisian bisa memilih dari tiga rute yang biasa wisatawan lalui. Ada rute 6 km, 8 km, dan 10 km. Baiknya sih memilih rute sesuai kemampuan fisik Sobat Turisian, ya! Nantinya saat perjalanan, pemandu akan mendampingi setiap rombongan tea walk.

Membatik di Kampung Batik

Aktivitas berikutnya sedikit lebih santai dari tea walk, yaitu kegiatan membatik di Kampung Batik, Desa Wisata Tugu Selatan. Hebatnya, Kampung Batik ini menjadi pelopor sentra batik di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

Nuansa batiknya pun begitu terasa saat memasuki kampung ini. Tampak rumah-rumah warga lokal berhiaskan motif batik yang membuat perkampungan semakin indah.

Tak hanya keliling kampung, Sobat Turisian bisa merasakan keseruan membatik. Para perajin batik di sana, membuka pelatihan membatik terbuka untuk umum.

Baca juga: Wisata ke Lombok? Cobain Mampir ke Desa Wisata Bilebante, Banyak Aktivitas Seru!

Jika ingin membeli yang kain batik sudah jadi, warga setempat juga menjualnya. Ada batik tulis dengan harga mulai dari Rp300 ribu per kain. Teh dan sawit menjadi motif batik khas dari kampung wisata ini.

Berkuda atau naik ATV

Jika Sobat Turisian ingin menjelajahi perkebunan sambil menikmati suasana asri di tempat ini, bisa berkuda atau naik ATV. Ingin lebih memacu adrenalin, cobalah aktivitas offroad atau paralayang yang juga tersedia di sana.

Budidaya lebah madu

Kegiatan seru lainnya, Sobat Turisian mampirlah ke tempat budidaya lebah madu. Rasakan sensasi seru yang menegangkan saat mengambil madu langsung dari sarangnya.

Tak usah takut, kegiatan ini sudah terjamin keamanannya. Ada pendamping yang selalu memberi arahan dan menjaga keselamatan pengunjung saat mencoba aktivitas seru yang satu ini.

Bersantai sambil santap kuliner di Cafe BUMDes

Setelah lelah menjelajahi desa tersebut, tutuplah kegiatan Sobat Turisian dengan beristirahat santai sambil mengisi perut di Cafe BumDes. Tersedia beragam menu kuliner lokal yang menggugah selera. Seperti soto mi Bogor dan nasi kabsah yang kaya rempah.

Sobat Turisian juga harus nyobain menikmati secangkir kopi di Kedai Kopi Ciburial, tak jauh dari lokasi Cafe BUMDes. Banyak pula spot-spot foto instagenik untuk swafoto para pengunjung.

Baca juga: Enam Kebun Raya di Indonesia, Pilihan Tepat Wisata Keluarga

Jika malas untuk pulang, menginap saja di kawasan agrowisata tersebut. Tersedia pilihan penginapan bungalow, hotel, pondokan, atau rumah kayu.*

 

 

 

Pos terkait