Enam Kebun Raya di Indonesia, Pilihan Tepat Wisata Keluarga

kebun raya di Indonesia
Kebun Raya Kuningan, Jawa Barat. (source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Jika mencari tempat wisata terbuka dan bosan dengan suasana pantai karena keseringan, cobalah geser rencana liburan Anda ke Kebun Raya yang ada di Indonesia. Bukan hanya Kebun Raya Bogor, namun masih banyak di daerah lain yang juga sama-sama indah dan asri.

Wisata Kebun Raya di Indonesia menjadi pilihan tepat untuk tujuan liburan bersama keluarga di akhir pekan atau momen libur nasional. Objek wisata jenis ini pun cocok untuk keseruan sang buah hati, bisa balajar mengenal dunia tumbuhan sambil rekreasi. Dijamin akan berkesan dan menyenangkan bagi sang anak.

Panorama alam yang indah, asri, udara sejuk, pepohonan hijau nan rindang menambah kenyamanan untuk berlama-lama di Kebun Raya.

Berikut ini ada 6 kebun raya di Indonesia yang wajib dikunjungi bersama keluarga untuk menikmati momen liburan.

1. Kebun Raya Kuningan, Jawa Barat

Jawa Barat yang tak hanya memiliki Kebun Raya Bogor dan Cibodas yang sudah tenar, namun pada 2017 hadir Kebun Raya Kuningan yang tak kalah indahnya. Lokasinya berada di bawah kaki Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan.

Kebun seluas 156 ha ini memiliki kontur berupa perbukitan yang dipenuhi pepohonan. Dilengkapi taman-taman tematik, seperti Rock Garden, Taman Endemik Ciremai atau Green House.

Kala berkunjung ke sana, Anda juga bisa beristirahat atau bersantai sejenak di beberapa kedai kopi sambil mencicipi makanan khas Kuningan. Ada opak bakar, tape ketan, keripik gemblong, tahu lamping, hingga kwecang.

2. Kebun Raya Bogor, Jawa Barat

kebun raya indonesia

Kebun Raya Bogor menjadi yang paling populer di antara kebun raya lainnya. Usianya sudah cukup tua, dibangun sejak zaman kolonial Belanda. Kebun ini pun dikenal dengan nama Kebun Botani Bogor.

Wisatawan akan merasa rileks saat memasuki kawasan Kebun Raya Bogor karena udaranya sejuk menyegarkan, dengan panorama hijau pepohonan yang memanjakan mata.  Di sana juga dapat melihat 400 jenis pohon palem, 5.000 jenis pepohonan tropik dari berbagai negara, 3.000 jenis anggrek dan ribuan jenis tanaman lainnya.

Baca juga: Tak Hanya Pantai, Bali Punya Wisata Fotogenik Big Garden Corner 

Selain itu, jangan lewatkan ragam kuliner lokal khas Kota Bogor, seperti soto mie, tauge goreng, dan asinan Bogor yang mudah dijumpai di sekitar objek wisata tersebut.

Pos terkait