Enam Kebun Raya di Indonesia, Pilihan Tepat Wisata Keluarga

kebun raya di Indonesia
Kebun Raya Kuningan, Jawa Barat. (source: indonesia.travel)
3. Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat

kebun raya indonesia

Masih di Jawa Barat lagi, ada Kebun Raya Cibodas di Cipanas, Kabupaten Cianjur. Di tempat tersebut pengunjung bisa melihat berbagai koleksi jenis bunga, taman lumut, pakis dan pohon yang tumbuh rimbun.

Dengan kondisi lahannya yang berbukit-bukit, menjadikan Kebun Raya Cibodas berhawa sejuk, sangat nyaman untuk bersantai sembari menghabiskan waktu bersama keluarga. Terdapat pula kedai-kedai makanan yang menyajikan ragam kuliner lokal khas Cianjur, diantaranya geco, bubur ayam Cianjur, dan bandrek.

4. Kebun Raya Purwodadi, Jawa Timur

kebun raya indonesia

Lanjut lagi ke Jawa Timur, terdapat Kebun Raya Purwodadi dengan luas area mencapai 85 hektare. Memiliki 2.000 jenis tumbuhan dari 11.000 spesies yang ada. Hawa udaranya pun sejuk karena berada di atas pegunungan. Dilengkapi pula bangunan gazebo di tengah-tengah taman untuk beristirahat.

Bagi pecinta anggrek atau bunga-bunga lainnya, wajib mampir ke sana. Koleksi berbagai jenis anggrek dan beberapa jenis bunga lainnya ditempatkan di rumah kaca.

Setelah lelah berkelilingi, nikmati istirahat Anda sambil menikmati kuliner khas di Purwodadi. Seperti garang asem, sayur pencok dan mi tek-tek. Saat akan pulang jangan lupa belilah oleh-oleh Purwodadi, seperti yangko godong, kue semprong, sale pisang, hingga emping jagung.

5. Kebun Raya Eka Karya, Bali

Eka Karya Bali

Di luar wisata pantainya yang tersohor, Bali juga mempunyai Kebun Raya Eka Karya yang cocok untuk tujuan liburan bersama keluarga. Kebun seluas 157,5 hektare tersebut, menyajikan kelestarian lingkungan alam hijau, tertata rapi, dan bersih dengan udara sejuk khas pegunungan.

Wisatawan yang datang dapat melihat ratusan koleksi jenis pohon dan berbagai jenis kaktus di sana. Dapat juga menikmati fasilitas outbond dan mencicipi Tipat Cantok, sejenis kupat tahu yang merupakan kuliner khas Bali.

6. Kebun Raya Samosir, Sumatera Utara

Samosir

Kebun Raya Samosir di Sumatera Utara berada di atas Danau Toba. Di kebun ini bisa menikmati keindahan lanskap Danau Toba dari ketinggian. Juga dapat melihat berbagai koleksi pepohonan dan tumbuhan yang sangat lekat dengan budaya Batak.

Baca juga: Inilah 4 Daya Tarik Desa Wisata Bantaragung yang Wajib Dikunjungi 

Tumbuhannya seperti tanaman obat-obatan, pewarna alami untuk membuat kain ulos, berbagai jenis rempah dan buah-buahan, serta beberapa jenis pohon pinus endemik. Di sana juga terdapat bangunan dengan ornamen filosofi adat Batak, semisal ukiran cicak yang berarti kesetiaan.

Cicipi pula hidangan ikan mas arsik khas Batak yang dimasak dengan 16 jenis rempah. Salah satu kuliner yang cukup populer di sana.*

 

 

Pos terkait