Wisata ke Lombok? Cobain Mampir ke Desa Wisata Bilebante, Banyak Aktivitas Seru!

Desa Wisata Bilebante
Bersepeda area persawahan di Desa Wisata Bilebante. (source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Tak hanya keindahan pantai yang bisa dinikmati di Lombok, banyak pula beragam desa wisata yang menarik dikunjungi. Seperti Desa Wisata Bilebante di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat yang mengajak Sobat Turisian puas seru-seruan dengan berbagai aktivitas.

Desa Wisata Bilebante pernah meraih penghargaan sebagai desa wisata terbaik. Dalam ajang Desa Wisata Award 2017 dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Penghargaan diraih karena masyarakatnya pintar mengolah sumber daya laut menjadi kuliner khas, meski jauh dari laut.

Ingin tahu semenarik apa Bilebante untuk disambangi? Simak 5 aktivitas seru di Desa Bilebante berikut ini yang bisa Sobat Turisian nikmati!

1. Jalan-Jalan Seru di Pasar Pancingan

Mengawali petualangan seru di Bilebante bisa dimulai dengan jalan-jalan di Pasar Pancingan. Di situ, Sobat Turisian bisa menikmati makanan dengan suasana identik desa di masa lalu.

Ada pula kegiatan memancing sesuai dengan nama tempatnya. Ikan hasil pancingannya bisa langsung diolah menjadi masakan dan siap disantap. Selain itu, bisa jajan di lapak-lapak kecil dari bambu atau lesehan yang menyajikan aneka makanan Indonesia banget yang murah meriah.

2. Bersepeda Keliling Desa

Setelah kenyang dari Pasar Pancingan, kita bakar kalori dengan bersepeda menyusuri desa. Sobat Turisian akan senang ditemani udara sejuk saat mengayuh sepeda. Dimulai dari pemukiman warga, pinggiran sungai, pematang sawah, kebun sayur dan buah, Jembatan Lime, serta Pura tertua di Lombok Tengah, yaitu Pura Lingkar Kelud.

Baca juga: 5 Aktivitas Seru di Desa Wisata Pujon Kidul Malang

Jika Sobat Turisian beruntung, bisa menyaksikan penanaman padi dan proses pembuatan topi khas lokal yang disebut “Kekere”.

3. Belajar Kesehatan di Kebun Herbal

Desa wisata tersebut dianugerahi tanah yang subur ditumbuhi beragam tanaman herbal yang sangat baik untuk kesehatan. Proses penanaman dan pengembangbiakan kebun herbal ini dilakukan oleh para pemuda desa. Menjadi inspirasi keren yang menarik untuk dicoba.

Di sini, Sobat Turisian akan dipandu untuk belajar tentang kesehatan tanaman herbal. Istimewanya lagi, di sana pun terdapat perawatan spa untuk menyegarkan dan mempercantik tubuh. Wah asyik banget desa ini!

4. Menyaksikan Budidaya Rumput Laut di Sawah

Inilah keungulan dan menjadi daya tarik utama Desa Wisata Bilebante. Ada budidaya rumput laut tapi di areal persawahan. Unik sekali kan! Umumnya budidaya rumput laut di wilayah pantai.

Nantinya, hasil panen rumput laut tersebut dijadikan bahan baku pembuatan serabi. Hasil pangan laut inilah yang memajukan roda ekonomi desa. Makanya, wajib coba serabi rumput lautnya, ya!

5. Menikmati Makanan Lokal yang Otentik

Bilebante juga menyuguhkan ragam makanan khas Indonesia yang otentik. Kelezatannya sudah tak usah diragukan lagi, karena sudah mampu bertahan sejak dulu. Ada es pisang ijo, aneka bubur, serabi rumput laut, klepon, lupis, mule gati, secang, plecing kangkung, hingga nasi balap.

Baca juga: Cicipi Kelezatan Aneka Kuliner Khas Mandalika Lombok

Selain sedap, bahan-bahan masakannya pun alami, dari hasil perkebunan desa. Coba juga produk unggulan minuman jamu di sana, yaitu lemongrass tea atau serbat, dijamin badan langsung segar.*

 

Sumber: indonesia.travel

Pos terkait