Menikmati Keseruan 6 Aktivitas Wisata di Desa Wisata Cibuntu

Desa Wisata Cibuntu
Wisata Offroad Cibuntu (WOC). (source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Sebelum Ramadan, enaknya sih liburan dulu bersama keluarga. Bisa coba tuh ke Desa Wisata Cibuntu di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Banyak aktivitas seru yang bisa dicoba di sana.

Mulai dari jelajah alam Gunung Ciremai yang indah dan berhawa sejuk, sampai menginap di bumi perkemahan. Ada juga sensasi seru offroad dan pulang membawa cendera mata yang unik asli buatan masyarakat desa tersebut.

Desa Wisata Cibuntu berlokasi di Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Untuk mencapat desa ini dapat menempuh perjalanan sekitar 40 menit berkendara dari Kota Cirebon.

Tak hanya berbekal keindahan alam, desa ini pun banyak mengukir prestasi. Antara lain menempati urutan kelima Desa Wisata Terbaik tingkat ASEAN untuk bidang homestay pada tahun 2016. Lalu menjadi juara kedua Desa Wisata Terbaik dalam penghargaan bergengsi Community Based Tourism (CBT) pada tahun 2017 dari Kemenparekraf RI.

Prestasi tersebut lahir berkat upaya masyarakat lokal dan pemerintah daerah yang memegang teguh komitmen Sapta Pesona. Sapta Pesona merupakan sebuah konsep wisata melalui 7 unsur, yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.

Nah berikut ini ada 6 aktivitas wisata seru yang wajib Sobat Turisian coba saat berkunjung ke Desa Wisata Cibuntu.

Jalan-jalan Sekitar Gunung Ciremai
Desa Wisata Cibuntu
Panorama alam sekitar Gunung Ciremai. (indonesia.travel)

Memulai liburan di Desa Wisata Cibuntu, Sobat Turisian bisa mencoba jalan-jalan pagi, jogging, atau bersepeda di sekitar Gunung Ciremai. Dengan pemandangan alam yang asri berbalur udara yang sejuk.

Untuk masuk desa ini, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Lalu tarif parkir Rp12.000 untuk motor dan Rp15.000 untuk mobil. Harga yang cukup murah bila dibandingkan dengan apa yang akan Sobat Turisian dapatkan di desa tersebut.

Baca juga: Inilah 4 Daya Tarik Desa Wisata Bantaragung yang Wajib Dikunjungi

Hamparan persawahan serta bukit dan pepohonan hijau di sekitar Gunung Ciremai, dijamin jadi obat ampuh menghilangkan penat rutinitas perkotaan. Di sana pun banyak view bagus yang instagenik untuk menambah koleksi foto di medsos.

Pos terkait