Ini Angkringan Wajib Dicoba Saat Liburan ke Yogyakarta

Angkringan Yogyakarta
Gudeg, menjadi salah satu makanan yang diburu wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta. (iStock)

TURISIAN.com – Kuliner apa yang paling identik dengan kota ini ? Ya, jawabannya adalah angkringan Yogyakarta.

Sobat Turisian akan dengan mudah menemukan pedagang angkringan di Yogyakarta yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman dengan harga yang benar-benar merakyat.

Belum ke Yogyakarta namanya kalau belum mencoba kuliner khas ini langsung dari angkringannya, dikutip TURISIAN.com- dari visitingjogja.jogjaprov.go.id pada Selasa, 29 Maret 2022, berikut adalah dua referensi angkringan paling hits di Yogyakarta yang wajib dicoba:

Angkringan Wijilan Kang Harjo

Bersiaplah melihat antrian yang mengular jika sobat turisian berkunjung ke salah satu angkringan paling populer di Yogyakarta ini.

Angkringan Wijilan Kang Harjo sudah memiliki tempat di hati warga Yogyakarta sejak pertama kali dibuka pada 15 tahun silam, tepatnya pada tahun 2006.

BACA JUGA:Wisata Malam Yogyakarta, Ada Tugu Jogja yang Ikonik dan Instagenik

Dengan mengusung konsep prasmanan, angkringan ini memiliki 2 lantai yang terbilang cukup luas.

Pengunjung bebas memilih, mau makan dengan cara lesehan atau menggunakan tempat duduk.

Berbicara soal rasa, tidak perlu ditanya, jumlah pengunjung yang memadati tempat ini adalah bukti bahwa ragam kuliner yang tersaji di sini sudah tentu memiliki cita rasa yang menggugah selera.

Seperti warung angkringan pada umumnya, selain ragam jenis sate, di sini juga tersedia ayam goreng, terong balado, urap , lodeh, gudangan serta aneka minuman yang dibanderol dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 2.000 saja!

Ragam minuman yang tersedia diantaranya adalah teh poci, kopi, es jeruk, es tape dan masih banyak lagi aneka minuman lainnya.

Serunya lagi, karena konsepnya prasmanan, pengunjung diperbolehkan untuk mengambil nasi sendiri sesuai dengan porsi yang diinginkan.

BACA JUGA: Museum Gunungapi Merapi, Tempat Wisata Edukasi Menarik di Yogyakarta

Hal tersebut jelas berbeda dengan warung-warung angkringan lain yang sudah memberi takaran tersendiri untuk setiap nasi yang akan dibeli, dan kebanyakan dari itu adalah porsi seperti nasi kucing.

Inilah yang disebut dengan kuliner murah namun tidak murahan, sebab warung Angkringan Wijilan Kang Harjo juga kerap menjadi tempat nongkrong para kaula muda di Yogyakarta.

Angkringan Pendopo Ndalem

Angkringan selanjutnya yang populer di kalangan wisatawan adalah Angkringan Pendopo Ndalem yang menggunakan rumah khas Jawa sebagai tempat berbisnisnya.

Berlokasi di sekitaran Kraton Yogyakarta, Jalur Sompilan No.12, Ngasem, Yogyakarta.

Tempat kulineran ini biasa melayani pengunjung yang ingin bertualang rasa. Mulai pukul 6 sore sampai dengan tengah malam.

Bila sobat Turisian ingin mencicipi ragam kuliner di sini. Siap-siap mengantre ya. Karena di Angkringan Pendopo Ndalem ini tidak pernah sepi pengunjung, alias selalu ramai.

BACA JUGA: 7 Kuliner Khas Ramadhan Berbagai Daerah di Indonesia

Desain yang diterapkan di sini juga mirip dengan Kraton Yogyakarta, sangat bernuansa kerajaan.

Selain menu khas angkringan seperti nasi kucing dan aneka jenis sate. Disini ada pula jajanan tradisional khas Jawa yang sudah jarang ditemui. Seperti, kue kipo, semar mendem, clorot hingga jadah manten.

Jangan sampai kalap mata, sebab di Angkringan Pendopo Ndalem, sobat turisian juga bisa menemukan aneka jajanan pasar yang juga tidak kalah menggugah selera.

Lalu, bagaimana dengan minumannya? Tenang, disini ada banyak pilihan minuman penghangat tubuh seperti wedang bledug, wedang gajah, the rempah serta bajigur.

Kendati tempat serta dekorasi angkringan ini sangat elegan dan mewah, namun harganya tidak membuat isi kantong resah.

Ragam makanan dan minuman yang tersaji disini dipatok mulai dari Rp 1.000 sampai Rp 12.000 saja, sangat murah bukan?

Tidak berhenti sampai di situ, angkringan ini juga berinovasi dengan menawarkan aneka paket hemat yang juga tidak kalah kelezatannya.

BACA JUGA: Rekomendasi 5 Kuliner Pedas di Yogyakarta, Wajib Kalian Coba

Angkringan Pendopo Ndalem ini berhasil mengangkat image kuliner khas kaki lima naik kelas menjadi bintang lima.

Arca Loro Blonyo serta pendar sinar kuning dari pancaran lampu klasik yang menghiasi tempat ini pun semakin menambah suasana mewahnya.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama di tengah suasana etnik yang menjadi pelengkap nuansa adat Jawa ketika sobat turisian berkunjung ke sini.

***

Pos terkait