7 Kuliner Khas Ramadhan Berbagai Daerah di Indonesia

Kicak, kuliner khas Ramadhan di Yogyakarta. (indonesia.travel)

TURISIAN.com – Kuliner khas Ramadhan selalu menjadi favorit banyak orang. Cita rasanya yang lezat membuat kuliner khas Ramadhan selalu diincar.

Di Indonesia, terdapat sejumlah kuliner Ramadhan yang terkenal lezat. Beberapa di antaranya bahkan hanya dapat sobat Turisian temukan saat bulan puasa.

Melansir indonesia.travel, berikut 7 kuliner khas Ramadhan dari berbagai daerah di Indonesia.

Kuliner khas Ramadhan di Indonesia

Kanji rumbi

Saat bulan Ramadhan, masjid di Aceh biasanya menyiapkan menu buka puasa berupa kanji rumbi.

Hidangan ini merupakan bubur yang terbuat dari beras, udang, dan daging. Aromanya sedap karena memakai rempah yang mendapat pengaruh dari kuliner India.

Putu mangkok

Putu mangkok merupakan kudapan khas Kepulauan Riau yang menggunakan tepung beras dan kelapa parut sebagai bahan utama. Prosesnya dengan membentuk adonan dan mengisinya dengan gula merah.

Putu mangkok, kuliner Ramadhan di Kepulauan Riau. (indonesia.travel)

Ketan bintul

Ketan bintul selalu menjadi takjil bagi masyarakat Banten. Konon, kudapan ini telah ada sejak abad ke-16.

Ketan bintul terbuat dari beras ketan, kemudian menambahkan serundeng di atasnya. Orang-orang akan menyantapnya dengan kuah semur daging.

Kicak

Berasal dari Yogyakarta, kicak terbuat dari ketan, santan, kelapa parut, dan nangka. Cita rasanya yang manis dan gurih membuat kudapan ini memiliki banyak penggemar.

Bongko kopyor

Bongko kopyor merupakan perpaduan bubur nangka dan kelapa kopyor yang menjadi favorit di Gresik, Jawa Timur.

Untuk membuat bongko kopyor, caranya dengan mencampur adonan bubur mutiara, nangka, roti tawar, kelapa muda, pisang, dan santan. Kemudian membungkus adonan dengan pisang dan mengukusnya sampai matang.

Bongko kopyor, kuliner Ramadhan di Gresik. (indonesia.travel)

Sotong pangkong

Jika sobat Turisian mengunjungi Pontianak, Kalimantan Barat saat bulan Ramadhan, sempatkanlah untuk mencicipi sotong pangkong.

Kuliner ini menggunakan cumi sebagai bahan utama. Cumi tersebut dijemur hingga kering dan ditumbuk. Sobat Turisian bisa menyantap sotong pangkong dengan bumbu kacang atau bumbu pedas manis.

Barongko

Barongko merupakan kudapan manis khas Makassar. Cita rasanya yang manis membuat barongko selalu menjadi favorit saat buka puasa.

Barongko dibuat dengan mencampurkan pisang, telur, santan, gula pasir, dan garam.

Sobat Turisian wajib mencicipi kuliner tersebut.

Pos terkait