Ini 5 Pusat Takjil Paling Populer dari Berbagai Daerah di Indonesia

Pusat Takjil Paling Populer
Suasana pasar takjil Benhil, Jakarta( Instagram.com / @gushcloudid)

TURISIAN.com – Kegiatan berburu takjil sepertinya memang sudah jadi tradisi dari hampir setiap daerah di Indonesia. Pusat takjil paling populer pun menjadi buruan.

Beda daerah, beda juga ciri khas dari takjilnya, tergantung dari pengaruh budaya serta kebiasaan masyarakat setempat.

Selain Bandung, ternyata masih ada banyak tempat di Indonesia yang sudah menjadi pusat takjil legendaris ketika Ramadhan tiba.

Mau tau apa saja? Dikutip TURISIAN.com- dari akun Instagram @kemenparekraf.ri pada Selasa, 5 April 2022, mari kita jalan-jalan ke lima pusat takjil legendaris yang ada di Indonesia.

BACA JUGA: Ayo Berburu Takjil di 6 Tempat Paling Hits di Kota Bandung Ini

1. Pasar Aceh, Banda Aceh

Berlokasi di sekitaran Masjid Raya Baiturrahman, pasar ini selalu tumpah ruah dan semakin meriah ketika Ramadhan.

Berada tepat di Jalan Tengku Pulo Dibaroh, Kampong Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

Lokasinya yang berada di tengah jantung kota Banda Aceh itu menjadi tempat yang strategis dan sangat mudah dijangkau, inilah mengapa tempat ini selalu ramai.

BACA JUGA: Unik, Pisang Goroho Khas Gorontalo Justru Enak Dimakan Saat Belum Matang

Biasanya, kesibukkan akan dimulai pada pukul 16.00, ditandai dengan para pedagang yang mulai menggelar lapak untuk menjajakan dagangannya.

Es kelapa muda, es tebu turut dan tidak ketinggalan kudapan khas Aceh seperti kue bhoi, timpan, mi ciluk hingga menu otentik lainnya yakni sambai oen peugaga.

BACA JUGA: 8 Menu Takjil Buka Puasa Khas Ramadan dari Berbagai Daerah

2. Pasar Bandar Buat, Padang

Pasar ini terletak di Jalan Raya Indarung, Padang, dan menjadi salah satu spot favorit di Kota Padang untuk berburu takjil.

Ragam sajian menggugah selera dijual disini seperti kue lupis, sarabi, hingga lamang tapai yang hanya bisa dijumpai ketika Ramadhan, soal rasa tidak perlu ditanya, Lamak Bana! Alias enak sekali pokoknya!

Kue Basah Tradisional Khas Indonesia

3. Pasar Benhil, Jakarta

Lalu bagaimana dengan Ibu Kota Jakarta? Berbicara soal takjil, Pasar Benhil di Kecamatan Tanah Abang ini adalah juaranya.

Kendati pasar kaget ini dibuka di tengah pandemi, antusiasme masyarakat untuk berburu takjil di Pasar Benhil Jakarta ini tetaplah tinggi.

Hal tersebut terbukti melalui kepadatan yang terlihat di Pasar Benhil Jakarta sejak hari puasa pertama pada Minggu, 3 April 2022 kemarin.

Meskipun sangat antusias dalam berburu aneka sajian khas Ramadhan, para pemburu takjil tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, seperti senantiasa memakai masker.

Sobat Turisian bisa melihat para pedagang yang menjajakan aneka kue basah tradisional khas Indonesia mulai dari bubur sumsum, aneka jenis kolak, hingga minuman ringan yang nampak menyegarkan.

BACA JUGA: Getuk Nyimut Keluar Lagi, Diburu untuk Buka Puasa, Begini Cara Buatnya

Kue Legendaris Sebagai Takjil Puasa

4. Pasar Atom, Surabaya

Salah satu pasar tradisional yang paling legendaris di Surabaya ini berlokasi di Jalan Bunguran 45 dan Jalan Stasiun Kota Surabaya.

Sebagai salah satu pusat perbelanjaan di daerah Jawa Timur, Pasar Atom ini senantiasa menawarkan berbagai menu takjil yang bisa menjadi sumber pengganti tenaga setelah sehari penuh berpuasa.

Sobat turisian tentu tahu dengan kue klepon bukan? Kue legendaris yang selalu laris manis tersebut bisa dengan mudah ditemui di Pasar Atom ini.

Kudapan serba manis lainnya yang bisa dijumpai di sini antara lain adalah, kue lupis, putu, gethuk, pokoknya sangat lengkap deh.

Inilah mengapa, masyarakat Surabaya biasa menyebut pasar atom ini sebagai pusat takjil selama Ramadhan, sungguh sangat legend!

BACA JUGA: 9 Tempat Wisata Menarik di Kampung Wisata Kreatif Cigadung Bandung

5. Pantai Losari, Makassar

Duh, siapa sih yang enggak suka menikmati panorama senja yang sangat menenangkan mata?

Nah, di Pantai Losari yang menjadi ikon Kota Makassar ini, sobat turisian bisa merasakan sensasi menikmati senja sambil berburu takjil khas Makassar.

Banyak sekali ragam pilihan menu berbuka yang ditawarkan oleh para pedagang di Pantai Losari, seperti contohnya, Es Palu Butung dan es pisang ijo.

Jangan salah kaprah ya, keduanya adalah jenis minuman yang berbeda, jika pisang ijo identik dengan pisang kukus yang dibalut dengan adonan kulit berwarna hijau.

Nah, untuk palu butung biasanya pisang yang digunakan hanya dikukus saja tanpa perlu dibungkus dengan adonan.

Meski memiliki cara penyajian yang berbeda, keduanya memiliki kesamaan, yaitu sama-sama enak dan mengenyangkan.

Bagaimana? Menarik kan menelusuri pusat takjil paling populer di Indonesia?

***

Pos terkait