8 Menu Takjil Buka Puasa Khas Ramadan dari Berbagai Daerah

takjil buka puasa
Es Pisang Ijo, menu buka puasa khas Makassar. (source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Ramadan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim di dunia, termasuk di Indonesia. Banyak yang merindukan suasana Ramadan dengan kegiatan ibadahnya hingga aneka takjil buka puasa dan makanan untuk sahur.

Berbagai daerah di Indonesia memiliki kuliner khas Ramadan masing-masing yang unik dan lezat. Seperti menu takjil berbuka puasa saja, banyak macamnya. Seperti berikut ini ada 8 menu takjil khas Ramadan dari berbagai daerah yang pas disantap saat berbuka puasa.

Es Pisang Ijo, Makassar

Kuliner asal Makassar ini sudah menjadi makanan khas Ramadan. Bahkan Es Pisang Ijo sudah tenar dan menyebar ke kota-kota di Indonesia.

Saat bulan puasa, menu es pisang ijo sangat digemari untuk takjil buka puasa. Rasanya manis dan segar menjadi obat jitu melepas dahaga setelah seharian berpuasa.

Makanan khas Sulawesi Selatan tersebut, berisi kombinasi kue pisang (nagasari) dan bubur sumsum. Ciri khasnya, ada buah pisang berbalut adonan tepung berwarna hijau pandan. Penyajiannya lengkap dengan es serut, kuah santan, serta sirup coco pandan.

Es Timun Serut, Banda Aceh
takjil buka puasa
Es timun serut khas Banda Aceh. (indonesia.travel)

Menu takjil buka puasa berikutnya sama juga menyegarkan mulut, dikenal dengan Es Timun Serut. Berasal dari Banda Aceh, terbuat dari serutan timun. Minuman khas Ramadan ini sangat tepat untuk menu berbuka puasa.

Baca juga: 7 Kuliner Khas Ramadhan Berbagai Daerah di Indonesia

Es timun serut semakin enak jika menambah campuran sirup melon atau coco pandan. Rasanya makin segar, manis, dan menggiurkan. Umumnya, es timun serut memakai tambahan biji selasih, gula cair, atau jeruk nipis.

Pos terkait