Desa Wisata Pulesari Suguhkan Pesona Alam dengan Berbagai Aktivitas Seru

Desa Wisata Pulesari
Suasana Desa Wisata Pulesari. (@desawisatapulesari)

TURISIAN.com – Desa Wisata Pulesari atau disebut juga dengan Dewi Pule mengusung konsep Go Green and Back to Nature. Berbekal pesona alam yang indah dan berbagai aktivitas wisata yang seru untuk dicoba.

Suasana khas pedesaan yang alami, akan sangat terasa saat Sobat Turisian memasuki desa ini. Ada aliran sungai berair jernih, perkebunan salak yang tertata rapi, dan sapaan ramah dari warga menjadi pemandangan lumrah di Desa Wisata Pulesari.

Desa wisata di Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini terbentuk pada tahun 2012. Hasil dari inisiatif masyarakat sadar wisata yang berkomitmen bersama. Untuk mewujudkan desa yang aman, nyaman, serta dinamis.

Potensi utama Dewi Pule adalah agrowisata salak. Sehingga saat berkunjung ke sana, Sobat Turisian akan diajak belajar mengenai budidaya salak dan berbagai olahan salak. Seperti dodol salak, wingko, bakpia, enting-enting, nastar, kerupuk, madumongso, bakwan, nogosari, sambal, oseng-oseng, dan kolak salak.

Aktivitas Seru di Desa Pulesari

Nah yang paling seru untuk Sobat Turisian coba lakukan di Desa Pulesari, yakni berbagai wahana permainan dan atraksi wisata yang ada di sana. Mulai  dari outbond, fun game, trekking, hingga wisata sungai.

Paling banyak diburu wisatawan adalah river tracking. Kegiatan susur sungai yang masih alami dengan beragam wahana menarik. Sobat Turisian di sini akan menjajal titian bambu, jembatan goyang, spiderman web, tangkap ikan, hingga air terjun dan gua.

Baca juga: Menikmati Keseruan 6 Aktivitas Wisata di Desa Wisata Cibuntu

Jika Sobat Turisian tertarik datang ke desa ini secara rombongan, mending pilih paket wisata menarik yang sudah tersedia. Bisa request sesuai budget yang ada. Harga paketnya mulai dari Rp.50 ribu/pax sampai Rp.265 ribu/pax.

Fasilitas untuk menginap pun ada, berupa 48 homestay. Siap mengakomodasi para wisatawan yang ingin merasakan hidup di desa sembari berbaur langsung dengan warga setempat.

Paket Wisata Desa Pulesari

Paket wisata yang tersedia di Desa Wisata Pulesari, Sleman, Yogyakarta terbagi dua. Ada paket wisata seharian penuh dan paket wisata menginap. Berikut rincian paket wisata yang bersumber dari website desa tersebut.

  1. Paket Activity 1 Hari:

a. Paket Tradisi 1: Minimal 20 orang, Rp.55 ribu/pax

b. Paket Tradisi 2: Minimal 20 orang, Rp.75 ribu/pax

c. Paket Tradisi 3: Minimal 25 orang, Rp.95 ribu/pax

d. Paket Tradisi 4: Minimal 25 orang, Rp.105 ribu/pax

Fasilitas : Tempat, Sound Sistem Asuransi, Trainer, Pemandu, Free Parkir, Toilet.

  1. Paket Makrab 2D1N
  • Malam Keakraban: Minimal 20 Orang, Rp.145 ribu/pax. Fasilitas: Tempat Pendopo & Sound System, Snack dan Minum 1x, Makan dan Minum 3x, LCD Proyektor & Screen, Trainer Outbound, Pemandu Wahana, Free Parkir & Free Toilet, Kebersihan Area.
  • Gathering Live In: Minimal 20 orang, Rp.185 ribu/pax. Fasilitas: Tempat Pendopo & Sound System, Snack dan Minum 1x, Makan dan Minum 3x, Paket Edukasi, LCD Proyektor & Screen, Trainer Outbound, Pemandu Wahana, Free Parkir & Free Toilet, Kebersihan Area.
Rute Menuju Desa Wisata Pulesari

Perjalanan menuju Desa Wisata Pulesari cukup mudah. Jika Sobat Turisian start dari pusat kota Yogyakarta arahkan ke barat melewati Jalan KH Ahmad Dahlan. Lalu lurus terus sampai perempatan dan belok ke utara melewati Jalan Letjen Suprapto sampai pertigaan.

Baca juga: Serunya Main Sandboarding dan ATV di Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta

Belok ke kanan melewati Jl. Tentara Rakyat Mataram dan lurus terus melalui Jl Tentara Pelajar. Dari situ lanjut lagi ke Jl Magelang sampai pertigaan dan belok ke kanan melewati Jl Turi. Sampai pertigaan dan belok kanan, ikuti jalan hingga tiba di lokasi ke Desa Pulesari.

Dari pusat kota Jogja ke Desa Pulesari berjarak sekitar 23,2 km. Dengan waktu tempuh kendaraan normal roda dua sekitar 47 menit.*

 

Pos terkait