8 Menu Takjil Buka Puasa Khas Ramadan dari Berbagai Daerah

takjil buka puasa
Es Pisang Ijo, menu buka puasa khas Makassar. (source: indonesia.travel)

Jalakotek berbentuk seperti pastel, tetapi berisi tumisan tahu dan sayur-sayuran, seperti wortel atau taoge. Dengan cita rasa yang gurih dan kenyal, menyantap jalakotek lebih mantap bersama bumbu pedas atau asin yang menambah kenikmatannya.

Jadah Manten, Yogyakarta

Ada lagi takjil buat buka puasa, yaitu Jadah Manten khas Yogyakarta. Awalnya, kudapan ini menjadi makanan hantaran dari pihak laki-laki kepada pihak perempuan saat menikah. Itulah kenapa makanan ini bernama jadah manten.

Kini, jadah manten semakin berkembang menjadi makanan sehari-hari, terutama saat bulan puasa Ramadan. Jadah manten berupa ketan dan berisi potongan daging ayam.

Uniknya lagi, jadah manten terbungkus telur dadar, dengan tusukan tangkai bambu dan potongan buncis kecil menjadi penyangganya. Dari segi rasa maupun penampilannya, makanan buka puasa ini sangat menggungah selera.

Pisang Asar, Ambon
pisang asar ambon
Pisang Asar, takjil buka puasa khas Ambon. (indonesia.travel)

Berlanjut ke Kota Ambon, Maluku, ada kuliner khas Ramadan, Pisang Asar. Olahan pisang khas Ambon ini masaknya dengan cara mengasar dalam bahasa setempat, yang berarti memanggang. Inilah yang menjadi pembeda dengan camilang pisang lain yang ada di Indonesia.

Takjil buka puasa khas Ambon ini, berbahan dasar pisang raja yang dipanggang dengan campuran kacang kenari, kayu manis, telur, mentega, dan gula aren bubuk di atasnya. Masyarakat lokal Ambon, biasa menyantap pisang asar bersama teh hangat saat berbuka puasa.

Baca juga: 17 Tempat Wisata Kuliner Berbagai Daerah di Indonesia

Itulah ragam sajian kuliner khas Ramadan dari berbagai daerah di Indonesia. Menyegarkan dan lezat untuk menjadi menu takjil berbuka puasa.*

 

 

Sumber: indonesia.travel

 

Pos terkait