17 Tempat Wisata Kuliner Berbagai Daerah di Indonesia

wisata kuliner di Indonesia
Tempat wisata kuliner Jimbaran Bali. (source: Kemenparekraf)

TURISIAN.com – Kuliner merupakan bagian yang tak bisa terpisahkan dari kegiatan berwisata. Karena itu, berbagai tempat wisata kuliner di Indonesia pun kini banyak bermunculan di setiap kota/kabupaten. Bahkan banyak juga yang sudah melegenda sejak lama.

Sampai saat ini wisata kuliner di Indonesia menjadi salah satu magnet untuk menarik wisatawan dalam dan luar negeri. Bukan hanya karena tempatnya, namun kuliner khas Nusantara banyak variannya, cita rasa otentik, dan sudah pasti lezat. Hal itulah yang mendorong bermunculan destinasi wisata kuliner di berbagai daerah di Indonesia

Nah, di bawah ini ada 17 tempat wisata kuliner di Indonesia yang wajib untuk mengunjunginya. Bisa bareng keluarga maupun teman.

Gang Selot, Bogor

Petualangan wisata kuliner di Indonesia kita awali dari Bogor. Ada Gang Selot namanya yang menjadi destinasi kuliner menarik. Lokasinya berada di Jalan Ir H Juanda, Bogor.

Gang Selot menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Bogor sejak 1974. Di sana terdapat beragam makanan, mulai dari soto mi, doclang khas Bogor, bakso, hingga batagor. Serta aneka  minuman segar, seperti es pala, es podeng, dan es doger.

Suryakencana, Bogor

Masih di Bogor, ada lagi tempat wisata kuliner Jalan Suryakencana yang menjadi ikon wisata Kota Hujan tersebut. Sobat Turisian bisa menemukan banyak kuliner legendaris. Seperti lumpia basah yang ada sejak 1972.

Kemudian ada laksa Bogor dengan cita rasa 13 jenis rempah. Serta beragam kuliner nusantara lainnya, seperti martabak arang, asinan, toge goreng, roti jadul, hingga bir kotjok.

Pasar Lama Tangerang

Tak jauh dari Ibu Kota Jakarta, terdapat destinasi wisata kuliner Pasar Lama Tangerang, Banten. Di sana Sobat Turisian dapat menikmati banyak varian makanan.

Antara lain ketoprak, bakso, nasi goreng, sempol ayam, laksa, dan masi banyak lagi. Selain itu, ada banyak minuman menyegarkan, seperti susu kedelai, kacang hijau, hingga es alpukat kocok.

Pecenongan, Jakarta

Pecenongan sudah menjadi salah satu destinasi wisata kuliner legendaris di Jakarta sejak 1970-an. Beraneka macam kuliner lezat dan legendaris tersedia di sana.

Seperti Bubur Kwang Tung dengan bubur kepiting dan ayam Hainannya yang menggugah selera. Martabak Pecenongan yang melegenda, dan olahan seafood yang sayang jika tak mencobanya.

Pos terkait