17 Tempat Wisata Kuliner Berbagai Daerah di Indonesia

wisata kuliner di Indonesia
Tempat wisata kuliner Jimbaran Bali. (source: Kemenparekraf)
Jalan Sabang, Jakarta

Jakarta juga masih punya tempat wisata kuliner ikonik lainnya. Sebuah kawasan yang menawarkan beragam kuliner legendaris, lokasinya di Jalan Sabang. Seperti Sate Jaya Agung yang sudah ada sejak 1975. Kemudian ada Ben Seafood, Bakmi Roxy, dan berbagai kudapan nikmat lainnya.

Jalan Cibadak, Bandung

Berlanjut ke Kota Bandung ada tempat wisata kuliner Jalan Cibadak. Menyajikan banyak macam kuliner. Mulai dari soto khas Bandung dari kedai Soto Ojo Lali, bakso ikan goreng yang nikmat, hingga bakso tahu dan siomay. Jika ingin makanan hangat, Sobat Turisian bisa coba Ronde Jahe Alkateri yang sudah ada sejak 1980-an.

Berkunjung ke sana lebih menarik lagi saat malam hari, karena kawasan ini terkenal sebagai wisata malam Bandung. Lalu saat malam, penjual makanan lebih komplet, sekaligus bisa menikmati keindahan city light Bandung.

Braga, Bandung

Bergeser ke kawasan Braga yang sudah terkenal sejak masa kolonial Belanda. Bahkan hingga kini, Braga masih menjadi tujuan wisata kota, wisata kuliner, heritage, dan wisata malam di Bandung.

Tempat wisata kuliner Braga yang paling tenar dan melegenda ada Restoran Braga Permai. Restoran bernuansa klasik yang berdiri sejak 1923. Dengan menu favoritnya, berbagai macam patisserie dan es krim. Ada juga toko kue Sumber Hidangan, Kedai Kopi Djawa, Teras Braga, dan masih banyak lagi.

Kampung Wijilan, Yogyakarta

Kampung Wijilan menjadi salah satu sentra gudeg di Yogyakarta yang kerap menjadi incaran wisatawan. Banyak kuliner gudeg legendaris yang bisa Sobat Turisian nikmati, seperti Gudeg Yu Djum, Bu Slamet, hingga Bu Lies. Selain makan di tempat, gudeg khas Yogyakarta juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Pasar Beringharjo, Yogyakarta

Nah, jika ingin berburu kuliner dengan harga murah di Yogyakarta, bisa coba ke Pasar Beringharjo. Pilihannya ada Pecel Senggol Beringharjo di dekat pintu masuk pasar dan Gado-Gado Bu Hadi di lantai 2 Pasar Beringharjo. Selain itu, di sekitar pasar pun banyak jajanan, seperti Lumpia Samijaya yang tak kalah nikmat.

Galabo, Solo

Tempat wisata kuliner Galabo ini berlokasi di Jalan Mayor Sunaryo, Solo dan diresmikan pada 2008. Di sana tersedia berbagai hidangan legendaris, seperti Sate Kere Yu Rebi, Tengkleng Klewer Bu Ediyem, hingga Rawon Penjara.

Gang Lombok, Semarang

Masuk ke Semarang, Sobat Turisian bisa wisata kuliner ke Gang Lombok. Lokasinya dekat Klenteng Tay Kak Sie. Gang Lombok menjadi salah satu destinasi wisata kuliner populer di Semarang.

Beragam kuliner tersaji di kawasan ini, ada wedang tahu dan lumpia legendaris, Lumpia Gang Lombok. Tak hanya itu, ada juga makanan yang menyegarkan mulut, aneka es Gang Lombok yang sudah ada sejak 1947.

Kya-Kya, Surabaya

Wisata kuliner di Surabaya juga menarik untuk dicoba. Salah satunya kawasan Kya-Kya yang bernuansa Pecinan. Menyajikan ragam kuliner perpaduan cita rasa Surabaya dengan makanan khas Tionghoa.

Mulai dari kedai Bakwan Pak Di yang menjual bakso khas Surabaya, sate gule kambing, dan lainnya. Satu makanan yang paling unik dan enak di sana, ada panganan pia di Toko Pia Kemenangan.

Pos terkait