Berpetualang ke Air Terjun Silelangit, Hidden Gem Subulussalam Aceh

Air Terjun Silelangit
Air Terjun Silelangit yang indah berundak-undak. (dok. Disporapar Subulussalam)

TURISIAN.com – Subulussalam merupakan salah satu kota di Provinsi Aceh yang mendapat julukan “Kota 1001 Air Terjun”. Dari banyaknya air terju di sana, salah satu yang sedang hits ada Air Terjun Silelangit atau Silangit-langit.

Air Terjun Silelangit berada di Desa Singgersing, Kecamatan Sultan Daulat. Air terjun ini menyuguhkan panorama sekitar dengan pesona alami nan asri. Keunikannya, air terjun tersebut berair jernih dengan kontur bertingkat-tingkat.

Banyak pepohonan yang menjulang ke langit menghiasi objek air terjun. Lalu dahan-dahan yang rindang, daun-daun rimbun yang tampak menaungi semakin melengkapi suasana asri, sejuk, dan alami.

Bagi Sobat Turisian yang memiliki hobi berkemah dan berkegiatan di alam terbuka, tempat ini menjadi pilihan menarik. Kondisi hutan di sekitar lokasi air terjun itu pun cukup aman untuk bermalam. Tapi jangan lupa membawa perlengkapan camping sendiri.

Rute Menuju Silelangit

Menuju ke destinasi Air Terjun Silelangit, Sobat Turisian bisa menggunakan transportasi darat dengan jarak tempuh sekitar 23 km dari dari pusat kota Subulussalam. Dari pusat kota, perjalanan menuju dermaga perahu di pinggir lintas jalan nasional Desa Singgersing.

Baca juga: Pesona 5 Air Terjun di Magelang yang Bikin Takjub

Lalu perjalanan berlanjut dengan menaiki perahu motor atau perahu tradisional yang biasa disebut robin oleh warga sekitar. Perahu itu akan mengarungi Sungai Lae Raso yang merupakan akses satu-satunya untuk mencapai air terjun ini.

Perahunya berkapasitas 5 sampai 6 orang penumpang. Dengan tarif sewa sebesar Rp300 ribu untuk jasa penyewaan selama satu hari penuh. Selama perjalanan di atas perahu, Sobat Turisian akan menikmati pemandangan sisi sungai yang indah memanjakan mata. Berupa keasrian hutan tropis alami dan rimbunnya dedaunan.

Wisata Baru di Aceh

Ekowisata ini memang masih menyajikan suasana alam bebas yang begitu alami. Serta masih tergolong baru sebagai destinasi wisata Aceh.

Berkunjung ke Air Terjun Silangit-langit mesti mempersiapkan berbagai hal. Sobat Turisian harus membawa perbekalan logistik yang cukup, karena di sana belum tersedia fasilitas penunjang wisata.

Baca juga: Air Terjun Madakaripura Tertinggi di Jawa dan Lekat dengan Gadjah Mada

Berbekal keindahan yang natural itulah, Air Terjun Silelangit Subulussalam sempat masuk sebagai salah satu nominasi ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021. Untuk kategori Destinasi Baru.*

 

 

Pos terkait