Unik, Pisang Goroho Khas Gorontalo Justru Enak Dimakan Saat Belum Matang

Pisang goroho Gorontalo
Pisang Goroho Gorontalo tersaji dengan sambal. (dok. Kemenparekraf)

TURISIAN.com – Gorontalo punya jenis pisang yang unik dan berbeda dengan buah pisang pada umumnya. Pisang ini terkenal dengan nama Pisang Goroho Gorontalo, yang justru enak memakannya saat masih mentah atau belum matang.

Kelezatan pisang goroho Gorontalo ini bisa terasa saat mentah atau belum matang, warnanya masih hijau, serta bertekstur keras. Jika sudah matang, pisang yang satu ini malah akan menjadi lembek dan terasa asam.

Jenis pisang tersebut mudah ditemui di perkebunan wilayah Sulawesi. Secara fisik, pohon pisangnya sedikit berbeda dengan pohon pisang jenis lain. Pohon pisang goroho memiliki tangkai tinggi dengan delapan sisir pisang dan batang pohon lebih kecil.

Pisang khas Gorontalo ini merupakan hasil persilangan antara pisang jenis Musa Balbisiana dan Musa Acuminata. Sehingga menghasilkan daging pisang yang terasa lezat dan khas.

Baca juga: Mencicipi Pa’Piong, Kuliner Unik Khas Tana Toraja

Kandungan zat-zat di dalamnya pun dipercaya dapat mengurangi kolesterol. Serta mengobati penyakit darah tinggi dan diabetes. Karena indeks glekemik rendah dan mudah tercerna.

Pengolahan Pisang Goroho

Untuk proses pengolahannya, masyarakat Gorontalo biasanya mengupas dan memotong pisang memanjang mirip kentang goreng. Lalu menggorengnya dalam minyak panas tanpa bumbu.

Proses tersebut menghasilkan pisang yang terasa garing dan renyah, namun empuk di dalam. Selain menggorengnya, pisang ini juga enak jika membakarnya, merebus, atau kukus. Semua tergantung selera ya, Sobat Turisian!

Selain itu, masyarakat Gorontalo sering kali memakan pisang goroho sebagai pengganti nasi yang berpadu dengan beragam lauk-pauk. Banyak juga yang menikmatinya sebagai camilan bersama sambal sagela atau sambal roa.

Jika ingin rasa manis, Sobat Turisian bisa memberi taburan kelapa parut. Atau enak juga dengan menambah aneka topping lain yang kekinian, seperti cokelat dan keju.

Baca juga: 8 Menu Takjil Buka Puasa Khas Ramadan dari Berbagai Daerah

Berkat kelezatan dan khasiatnya, pisang goroho ini menjadi camilan populer khas Gorontalo. Serta menjadi oleh-oleh khas Gorontalo dalam bentuk keripik.*

 

 

 

Pos terkait