Geyser Cisolok, Semburan Air Panas Alami di Sukabumi yang Unik dan Langka

Geyser Cisolok
Geyser Cisolok di aliran sungai. (dok. Desa Wangunsari)

TURISIAN.com – Geyser merupakan fenomena alam yang unik dan langka di dunia. Berupa semburan air panas alami dari dalam bumi. Salah satunya ada di Sukabumi Jawa Barat, dikenal dengan nama Geyser Cisolok.

Geyser Cisolok di Kabupaten Sukabumi tersebut, masuk dalam kawasan UNESCO Global Geopark (UGG) Ciletuh. Dan menjadi salah satu daya tarik Geopark Ciletuh.

Atraksi alam Geyser ini merupakan mata air panas yang mengeluarkan semburan air panas dan uap air ke udara. Terjadi karena adanya tekanan tinggi dari dalam perut bumi.

Nah yang menjadi keunikan Geyser Cisolok, air panasnya tidak pernah berhenti menyembur. Semburan air panasnya mengandung kadar garam yang tinggi, lebih tinggi dari garam laut. Mata air panas yang bersumber dari Gunung Gede ini pun tak mengandung belerang.

Hal tersebut sangat berbeda dengan sumber air panas di daerah lain. Sehingga warga setempat percaya bahwa air panas ini memiliki khasiat. Sebab airnya mengandung mineral tinggi dan bisa dimanfaatkan untuk terapi penyembuhan penyakit kulit.

Daya Tarik Geyser Cisolok

Istimewanya lagi, air panas Geyser Cisolok menyembur cukup tinggi menyerupai air mancur. Lalu mata airnya muncul di tepi dan tengah sungai, langsung bercampur dengan aliran air sungai. Membuat suhu airnya langsung turun.

Baca juga: 4 Geoprak Kebanggaan Indonesia Yang Diakui Dunia, Apa Saja?

Jadi di tempat wisata Sukabumi ini, Sobat Turisian bisa menikmati berendam dengan aman dan nyaman. Jika tak ingin di sungai, bisa memilih berendam di kolam renang berair hangat yang tersedia di sana.

Kolam renang ini cukup unik dan istimewa karena tiap bagiannya memiliki suhu yang berbeda-beda. Tersedia pula kolam berendam berukuran lebih kecil, khusus untuk anak-anak dengan suhu hangat.

Sobat Turisian juga bisa menikmati terapi spa menggunakan air panas yang disemprotkan langsung ke bagian tubuh. jamin tubuh langsung segar dan bugar setelah lelah dalam perjalanan menuju objek wisata tersebut.

Fasilitas & Lokasi Geyser Cisolok

Semua wahana wisata di sana mempunyai tarif harga yang sangat terjangkau. Khusus berendam di sungai tidak berbayar alias gratis, Sob!

Destinasi wisata unggulan Sukabumi ini pun telah memiliki sejumlah fasilitas pendukung.  Seperti area parkir, warung kuliner, toilet, tempat ganti baju, musala, toko oleh-oleh, dan tempat bilas.

Baca juga: Subang Punya Bukit Pamoyanan yang Menawan, Seperti Negeri di Atas Awan

Lokasi Geyser Cisolok berada di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Berjarak hanya sekitar 15 km dari Palabuhanratu, atau menempuh perjalanan dengan kendaraan kurang lebih 30 menit.*

 

Pos terkait