Subang Punya Bukit Pamoyanan yang Menawan, Seperti Negeri di Atas Awan

Bukit Pamoyanan Subang
Suasana di Bukit Pamoyanan Subang. (source: Disparpora Subang)

TURISIAN.com – Subang di Jawa Barat memiliki banyak tempat wisata alam yang menakjubkan hingga sayang untuk melewatkannya. Seperti Bukit Pamoyanan yang kini menjadi salah satu wisata hits di Subang yang menyuguhkan pemandangan alam ekstotis.

Letaknya yang berada di dataran tinggi, membuat suasana di sana seperti negeri di atas awan. Sebab awan berada di bawah pijakan Sobat Turisian.

Sesuai namanya, Bukit Pamoyanan dulu menjadi habitat macan untuk berjemur. Kata “Pamoyanan” dalam bahasa Sunda berarti tempat berjemur. Macan itu pun sudah hilang tak menampakkan diri lagi setelah kawasan ini berubah menjadi objek wisata. Jadi cukup aman untuk mengunjungi tempat ini.

Kini destinasi wisata Subang tersebut sudah ramai pengunjung. Menjadi spot berkemah populer di kalangan anak muda Subang khususnya. Karena keindahan alamnya, bukit ini pun sering juga disebut dengan Bukit Alam Endah Pamoyanan.

Bukit Pamoyanan berlokasi di Desa Kawangluwuk, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Jarak dari Kota Subang dapat ditempuh selama 1 jam dengan berkendara.

Untuk menuju ke sana, Sobat Turisian bisa melalui rute Tugu Nanas di Jalan Cagak ke arah timur. Lurus terus hingga ketemu dengan Pasar Tanjungsiang. Dari situ, ambil jalur menuju ke Desa Kawangluwuk. Setelah tiba di desa ini, lanjutkan dengan pendakian ke Bukit Pamoyanan. Tenang Sob, jalur pendakiannya tak jauh, kok!

‘Negeri di Atas Awan’ Subang

Pesona Bukit Pamoyanan Subang akan lebih tampak saat malam hari. Berupa keindahan lautan bintang bersanding dengan gemerlap citylight Kota Subang dari ketinggian bukit. Untuk bisa semua itu, Sobat Turisian harus bermalam di sana.

Baca juga: Menapak Jejak di Hamparan Hijau Bukit Wairinding Sumba Timur

Jangan takut sepi, karena tempat ini selalu banyak pengunjung yang menghabiskan malam dengan mendirikan tenda. Namun sebelum berangkat, Sobat Turisian perlu memperhatikan kondisi fisik serta perlengkapan berkemah yang harus dibawa. Selain tenda, jangan lupa membawa bekal makanan untuk memasak di atas bukit.

Dengan memilih camping di bukit ini, tak hanya mendapatkan pesona malam. Tapi esok paginya bisa menyaksikan sunrise yang indah. Dari balik awan, sang mentari mulai menampakkan dirinya. Cahayanya terpancar sempurna menyinari awan-awan seperti gumpalan kapas.

Apalagi awan-awan tersebut berada menggantung di bawah kaki. Serasa ada di sebuah negeri di atas awan. Pasti tak mau pulang, sungguh memesona dan berkesan bermalam serta menikmati pagi di sini.

Jadikan momen-momen unik berlatar alam yang eksotik dan instagenik ini sebagai koleksi foto Sobat Turisian. Ambil juga foto di beberapa pilihan spot di sana, seperti menara pandang yang disediakan pengelola. Titik ini memudahkan untuk menangkap keindahan awan lebih tinggi lagi.

Jika tak berminat berkemah di bukit, dapat melakukan perjalanan setelah shalat subuh agar tidak melewatkan momen sunrise. Sobat Turisian hanya bisa menikmati keindahan sunrise dari waktu subuh hingga pukul 07.30 WIB tergantung cuaca.

Tips Berkunjung

Sedikit tips, agar lebih mantap saat menikmati keindahan sunrise, cobalah sambil menyeruput kopi. Lengkapi dengan camilan kue serabi hangat khas Subang dan bakwan dengan cocolan sambal. Semua panganan ini, biasa dijual para ibu-ibu sekitar destinasi tersebut.

Baca juga: Rasakan Sensasi Berbeda di 4 Wisata Susur Gua Paling Ngehits Di Jabar Ini

Di samping menikmati keindahan terbitnya sang surya dan lautan awan, Bukit Pamoyanan juga menyajikan panorama Gunung Canggah yang berdiri kokoh di sebelah barat bukit. Sementara di sisi timur, tampak Gunung Tampomas yang berada di Sumedang.*

 

 

Pos terkait