Ketinggian Menara Eiffel Paris Bertambah 6 Meter, Kok Bisa?

Menara Eiffel
Menara Eiffel di Paris, Prancis (Unsplash/Il Vagabiondo)

TURISIAN.com – Ketinggian Menara Eiffel Paris di  Prancis bertambah beberapa meter.

Melansir dari Travel+Leisure, antena yang tingginya sekira 20 kaki (6 meter) dipasang dengan bantuan helikopter pada Selasa (15/3/2022) pagi dalam upaya meningkatkan jangkauan radio digital.

“15 Maret 2022, menandai tanggal bersejarah bagi Menara Eiffel, yang selalu memainkan perannya dalam inovasi besar di radio dan televisi,” kata pernyataan resmi Menara Eiffel.

Dengan ditambahkannya antena tersebut, ketinggian Menara Eiffel kini mencapai 1.083 kaki (330 meter).

BACA JUGA: Wisata ke Lombok? Cobain Mampir ke Desa Wisata Bilebante, Banyak Aktivitas Seru!

Menara Eiffel telah berkembang sejak pertama kali dibangun pada 1889. Saat itu, Menara Eiffel memiliki ketinggian 1.024 kaki (312 meter). Berkat tiang bendera besar yang ditempatkan di atasnya mengibarkan bendera Prancis.

Pada 1924, tiang bendera berubah menjadi antena televisi dan peralatan meteorologi. Pada 1957, piringan siaran langsung baru dan pemancar ditambahkan. Hal ini,  untuk membawa menara ke ketinggian 1.050 kaki (320 meter).

Antena Ultra High Frequency

Sementara pada 2000, antena Ultra High Frequency dipasang. Mengubah ketinggian menara lagi dan menjadikannya setinggi 1.063 kaki (324 meter).

Meskipun mendominasi cakrawala Paris dan menjadi situs ikonik, Menara Eiffel bukanlah bangunan tertinggi di dunia.

Kehormatan itu milik Burj Khalifa di Dubai, menurut Guinness World Records, dan berada di ketinggian lebih dari 2.716 kaki (827 meter). Bahkan, tingginya hampir tiga kali lipat dari Menara Eiffel.

BACA JUGA: 5 Objek Wisata Menarik di Sekitar Candi Prambanan

Pencapaian terbaru Menara Eiffel datang ketika Prancis melonggarkan pembatasan perbatasannya untuk turis Amerika.

Mengklasifikasikan kembali Amerika Serikat sebagai negara hijau (green list). Dan memungkinkan pelancong yang divaksinasi dan tidak divaksinasi untuk datang.

Prancis juga telah mencabut aturan masker dan menangguhkan izin vaksinasi yang sebelumnya diperlukan untuk mengakses tempat-tempat umum seperti restoran dan kafe serta naik kereta jarak jauh.

Menara Eiffel dibuka kembali untuk umum pada Juli 2021 setelah penutupan terkait pandemi selama 9 bulan, penutupan terpanjang sejak Perang Dunia II.

***

 

Pos terkait