Selain Prambanan, Yogyakarta Punya Candi Gebang yang Mungil nan Indah

Candi Gebang Yogyakarta
Candi Gebang Yogyakarta yang mungil tapi tetap indah. (source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Wisata candi di Yogyakarta pasti identik dengan Candi Prambanan dan Ratu Boko. Namun ternyata masih banyak situs candi yang juga menarik untuk dikunjungi. Seperti Candi Gebang di Sleman yang mungil namun indah.

Nama candi ini memang belum setenar Candi Prambanan, Ratu Boko, atau Borobudur. Namun keindahannya tak kalah dengan yang lain.

Bangunannya berukuran kecil karena hanya ada satu candi yang berdiri tegak, bukan kompleks candi besar seperti Prambanan. Berdiri kokoh di antara lahan cukup luas dan pemandangan yang indah.

Kawasan situs budaya tersebutu tampak terawat dengan baik, rumput di halaman yang mengelilingi tertata baik dan rapi. Sehingga sangat nyaman untuk tujuan wsiata atau sekadar menghabiskan waktu bersama keluarga maupun sahabat. Sambil menikmati keindahan panorama alam sekitar candi.

Baca juga: 5 Objek Wisata Menarik di Sekitar Candi Prambanan

Jika melihat dari bentuk bangunannya, Candi Gebang bercorak Hindu yang diperkirakan dibangun abad ke-8. Terbukti dengan adanya temuan Lingga dan Yoni di dalamnya. Warga sekitarlah yang pertama kali menemukan candi ini, dengan penemuan patung Ganesha terlebih dahulu.

Setelah itu, warga pun memprediksi adanya candi yang terletak tak jauh dari penemuan patung tersebut. Kemudian pada tahun 1938, para warga melakukan penggalian dan menemukan Candi Gebang.

Penasaran dengan keindahan candi mungil ini? langsung meluncur saja ke lokasi, Sobat Turisian! Masuk ke tempat wisata sejarah ini akan dikenakan biaya masuk yang sangat terjangkau. Harga tiketnya berdasarkan kategori usia pengunjung, dewasa atau anak-anak.

Baca juga: Dua Objek Wisata dengan Nama Teletubbies di Yogyakarta

Lokasi Candi Gebang terletak di tengah permukiman warga. Daerah Condongcatur, sebelah selatan Desa Gebang, Ngemplak, Kabupaten Sleman. Sekitar 11 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.*

 

Pos terkait