5 Objek Wisata Menarik di Sekitar Candi Prambanan

Objek wisata sekitar prambanan
Candi Prambanan. (iStock)

TURISIAN.com – Di sekitar kompleks Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta terdapat objek wisata lainnya yang sayang jika dilewatkan. Meski berada dalam satu kawasan, namun objek-objek sekitar Candi Prambanan ini memiliki daya tarik tersendiri.

Sedikitnya ada 5 objek wisata menarik di sekitar Candi Prambanan yang wajib dikunjungi. Kelimanya  berada dalam satu kawasan, jadi bisa sekaligus dikunjungi dalam seharian.

Inilah kelima objek wisata sekitar candi Hindu tersebut!

Candi Lumbung

objek wisata sekitar prambanan

Objek wisata di sekitar Candi Prambanan yang pertama, ada Candi Lumbung. Bangunan bersejarah ini bisa dikunjungi, setelah wisatawan keluar dari area candi utama Prambanan. Jaraknya cukup dekat, hanya sekitar 700 meter atau sekira 10 menit dengan berjalan kaki.

Candi Lumbung ini merupakan kompleks candi Buddha yang diperkirakan dibangun pada abad ke-9. Di sana terdapat 17 bangunan candi yang terdiri dari satu bangunan candi induk dan 16 bangunan candi perwara. Seluruh candi perwara menghadap ke arah candi utama.

Sayangnya hingga kini, masih belum diketahui secara pasti asal-usul penamaan Candi Lumbung. Namun, sejumlah sumber literasi menyebutkan, Lumbung berasal dari sebutan masyarakat setempat. Di mana bangunan candinya menyerupai bangunan lumbung padi.

Candi Sewu

objek wisata sekitar prambanan

Banyak yang mengira jumlah candi di kompleks Candi Sewu berjumlah seribu. Karena kata “Sewu” dalam bahasa Jawa berarti seribu. Lalu dihubungkan dengan cerita rakyat Roro Jonggrang yang meminta dibuatkan 1.000 candi oleh Bandung Bondowoso dalam semalam. Kisah inilah yang ikut mendasari penamaan Candi Sewu.

Baca juga: Pilihan Hotel di Sekitar Candi Borobudur dengan Segala Keunikannya

Namun pada kenyataannya, jumlah candi di kompleks ini kurang dari 1.000, bahkan kurang dari 300. Totalnya 249 candi, terdiri dari satu bangunan candi utama, delapan candi apit, dan 240 candi perwara. Diresmikan pada 714 Saka (792 M).

Pos terkait