Aneka Minuman Tradisional Indonesia yang Nikmat Berkhasiat

minuman tradisional
Bir Pletok, minuman tradisional khas Betawi. (source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Beragamnya suku bangsa di Indonesia, turut melahirkan pula khazanah kuliner yang bermacam-macam. Seperti tampak pada minuman tradisional Indonesia yang beraneka dan memiliki ciri khas daerah asalnya.

Aneka minuman tradisional Indonesia tak hanya nikmat saat dikonsumsi, tapi juga berkhasiat untuk kebugaran tubuh. Apalagi di kondisi pandemi yang masih berlangsung saat ini, kesehatan dan kebugaran tubuh perlu dijaga.

Di bawah ini ada 5 minuman tradisional khas Indonesia berbahan rempah alami dan berkhasiat yang patut dicoba.

Bir Pletok

Minuman tradisional Indonesia yang pertama, ada Bir Pletok asal Betawi. Jika dengar namanya, orang awam banyak yang mengira minuman beralkohol, karena bir umumnya identik dengan kandungan alkohol atau minuman keras.

Nyatanya, Bir Pletok sama sekali tak mengandung alkohol. Hal ini dilatari zaman kolonial dulu, warga Betawi sangat penasaran dengan minuman anggur atau bir yang sering dikonsumsi orang-orang Belanda saat itu.

Karena minuman tersebut tidak diperbolehkan oleh agama setempat, maka dengan kreatifnya orang-orang Betawi membuat Bir Pletok, minuman kaya rempah sebagai alternatifnya. Bir Pletok juga melambangkan kemewahan, kesuksesan, dan kemakmuran layaknya minuman anggur atau bir pada umumnya.

Baca juga: Cicipi Kelezatan Aneka Kuliner Khas Mandalika Lombok

Bir Pletok diracik dari bahan-bahan alami, seperti cengkeh, pala, merica, sereh, kapulaga, kayu manis, kayu secang, daun pandan, daun jeruk, dan gula. Proses pembuatannya diawali dengan menggeprek jahe, pala, merica, kapulaga dan sereh secara bersamaan.

Lalu masukkan ke dalam panci dan panaskan dengan api sedang. Tambah bumbu lain seperti daun pandan, kayu secang, dan kayu manis. Masukkan gula dan aduk-aduk dan biarkan mendidih dengan api kecil sekitar 20-25 menit.

Sarabba

minuman tradisional

Bergeser ke Sulawesi Selatan, ada minuman tradisional bernama Sarabba. Minuman tradisional masyarakat Bugis ini, dibuat dari perpaduan gula aren, jahe, santan dan kuning telur. Cita rasanya unik dan membuat badan terasa lebih hangat.

Pos terkait