Dua Objek Wisata dengan Nama Teletubbies di Yogyakarta

wisata teletubbies yogyakarta
Bukit Teletubbies Yogyakarta. (source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Yogyakarta memang tak kehabisan ide untuk menarik perhatian wisatawan. Selain wisata budaya dan kuliner, Jogja juga menawarkan destinasi wisata yang tampil unik dan fotogenik. Seperti dua objek wisata yang dibubuhi nama Teletubbies, film anak-anak yang cukup populer.

Uniknya, kedua objek wisata Teletubbies Yogyakarta tersebut berada dalam satu kawasan yang juga tenar disebut dengan Desa Teletubbies. Letaknya tak jauh dari Candi Prambanan dan Ratu Boko.

Inilah dua objek wisata menarik dan unik dengan nama Teletubbies yang wajib dikunjungi saat liburan ke Yogyakarta.

1. Rumah Dome Teletubbies

Rumah Dome atau kubah sebenarnya meniru bangunan Iglo, rumah tradisional Suku Eskimo. Dibangun bukan tanpa alasan, tapi agar kuat menahan goncangan gempa. Awalnya perkampungan ini memiliki rumah penduduk seperti pada umumnya, namun rusak total setelah tertimpa gempa Yogyakarta pada 2006.

Hingga akhirnya datang bantuan dari NGO dan membangun rumah berbentuk dome agar kuat dari goncangan gempa. Saat pertama dibangun, deretan rumah tersebut diberi cat warna putih dan sebagai tempat tinggal biasa.

Namun warga berinisiatif mengubahnya dengan cat warna-warni yang ceria karena banyak yang penasaran dengan kondisi dalam rumah tersebut. Sehingga sekalian saja diubah menajdi daya tarik wisata.

Baca juga: Watu Tapak Camp Hill, Tempat Terbaik Menikmati Lanskap Jogja

Desa wisata Teletubbies ini berlokasi di di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Untuk dapat melihat keunikan rumah dome di Desa Teletubbies, wisatawan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp.5000,-. Bagi yang penasaran masuk ke dalam rumah, dikenakan lagi biaya sebesar Rp10.000,-.

wisata teletubbies yogyakarta
Deretan Rumah Dome Teletubbies yang berwarna-warni. (source: visitingjogja)

Wisatawan juga bisa berjalan-jalan di area desa dengan deretan rumah domes di kanan dan kiri. Di beberapa titik sudah dilengkapi spot foto khusus untuk mengabadikan momen berkunjung di Rumah Dome.

Kawasan wisata juga sudah dilengkapi fasilitas yang memadai, antara lain kamar mandi, musala, area parkir, dan kedai makanan. Rumah Domes dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Kini tersedia pula paket wisata sejarah dan fun trip, paket outbond dewasa, paket trip gerobak sapi, paket edukasi kebencanaan, dan paket keliling dengan jeep wisata. Ragam paket wisata ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Jangan lupa untuk mampir juga ke Bukit Teletubbies.

2. Bukit Teletubbies

Destinasi wisata ini dibuat pada 2017 sebagai fasilitas pendukung daya tarik wisata Rumah Dome atau Desa Teletubbies. Dari atas bukit tersebut, wisatawan bisa menikmati deretan warna-warni Rumah Dome yeng memukau.

Selain menikmati keindahan alam pedesaan dan uniknya rumah dome, bukit ini pun menjadi tempat yang menyenangkan. Untuk menghabiskan waktu menjelang malam sembari menikmati panorama sunset.

Bukit Teletubbies juga menjadi pilihan menarik sebagai tujuan rekreasi bersama anak-anak. Ada terdapat taman yang cukup luas sebagi arena permainan. Di situ, para orangtua bisa menjaga anak-anak bermain sambil duduk-duduk santai di gazebo yang tersedia.

Baca juga: 5 Objek Wisata Menarik di Sekitar Candi Prambanan

Lokasinya berada satu kawasan dengan Rumah Dome, berjarak sekitar 21 km dari Kota Yogyakarta. Ada dua rute menuju Bukit Teletubbies. Pertama, dapat melewati jalan beraspal ke arah kanan sebelum memasuki Desa Wisata Domes, dan yang kedua melalui jalan di samping perkampungan rumah domes.*

 

Pos terkait